Dark/Light Mode

Ramah Penyandang Disabilitas

Fasilitas Di Masjid Istiqlal Dipuji Utusan Khusus AS

Selasa, 10 Oktober 2023 06:01 WIB
Penasihat Khusus Hak Disabilitas Internasional Deplu Amerika Serikat Sara Minkara bertongkat saat mengunjungi Masjid Istiqlal, Sabtu, 7 Oktober 2023. (Foto Larasati Dyah Utama/Harian Rakyat Merdeka/RM.id)
Penasihat Khusus Hak Disabilitas Internasional Deplu Amerika Serikat Sara Minkara bertongkat saat mengunjungi Masjid Istiqlal, Sabtu, 7 Oktober 2023. (Foto Larasati Dyah Utama/Harian Rakyat Merdeka/RM.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penasihat Khusus Hak Disabilitas Internasional untuk Amerika Serikat (AS) Sara Minkara memuji fasilitas Masjid Istiqlal yang ramah terhadap penyandang disabilitas. Dia berharap, langkah tersebut diikuti masjid-masjid hingga tempat ibadah lainnya di Tanah Air.

Minkara mengunjungi Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu (7/10), dalam rangka menghadiri acara "Interfaith Dialogue on Accessibility to Place of Worship" atau Dialog Lintas Agama tentang Aksesibilitas Tempat Ibadah.

Baca juga : Penyandang Disabilitas Berharap Kesetaraan Di Jateng Diterapkan Nasional

Dia mendorong kemudahan akses bagi penyandang disabilitas untuk menuju tempat-tempat ibadah. Pasalnya, pengecualian hak bagi penyandang disabilitas bisa berdampak buruk pada perekonomian suatu negara.

“Komunitas disabilitas mewakili 17 persen populasi dunia. Persentase itu bisa lebih tinggi. Mengecualikan (penyandang disabilitas) akan berdampak pada penurunan Produk Domestik Bruto sebesar 7 persen. Bahkan bisa lebih dari itu, sangat signifikan,” terangnya.

Baca juga : Perkuat Kesempatan Kerja Penyandang Disabilitas, BNI Gelar Workshop & Pelatihan

Minkara mengatakan, mengabaikan penyandang disabilitas dari perekonomian berarti mengabaikan kontribusi dan nilai mereka. Karena tidak jarang dari mereka yang menciptakan inovasi yang bermanfaat. Dengan mengecualikan komunitas disabilitas dari berkontribusi terhadap perekonomian, artinya tidak memanfaatkan inovasi mereka.

“Kita cenderung menciptakan sistem yang lebih bergantung dan membebani, daripada sistem yang memberdayakan kontribusi, nilai dan inklusi,” katanya.

Baca juga : Kapolri: Keamanan Dan Stabilitas Prioritas Utama Wujudkan Kemakmuran Di ASEAN

Terkait aksesibilitas di tempat ibadah, perempuan berhijab itu mengapresiasi pengurus Masjid Istiqlal yang telah berupaya menciptakan akses yang baik untuk mempermudah penyandang disabilitas beribadah di Masjid Istiqlal. Kendati begitu, Minkara berharap, kemudahan akses ini juga dapat diimplementasikan di masjid-masjid lainnya, maupun tempat ibadah lain di Indonesia. Seperti di gereja, vihara maupun pura.

“Ini sangat luar biasa, mendengar di sini ada penerjemah saat khutbah. Saya harap pesan ini juga bisa tersampaikan di masjid-masjid lainnya dan tempat ibadah lain,” harapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.