Dark/Light Mode

Gamelan Hadiah Sultan Hangatkan Experience Indonesia Dublin Di Tengah Badai

Jumat, 20 Oktober 2023 11:46 WIB
Tim gamelan dari National Concert Hall Gamelan Orchestra berpose dengan Duta Besar Indonesia untuk Inggris Desra Percaya dan istri, Diana Mawarsari. (Foto Harian Rakyat Merdeka/RM.id/KBRI London)
Tim gamelan dari National Concert Hall Gamelan Orchestra berpose dengan Duta Besar Indonesia untuk Inggris Desra Percaya dan istri, Diana Mawarsari. (Foto Harian Rakyat Merdeka/RM.id/KBRI London)

RM.id  Rakyat Merdeka - Cuaca buruk akibat badai Babet yang melanda Irlandia tidak mengurungkan antusiasme para undangan untuk menghadiri resepsi diplomatik yang dihelat Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) London, Kamis (19/10/2023). 

Acara bertema "Experience Indonesia Dublin" yang berlangsung di Hotel Radisson Blue Royal Dublin Irlandia itu dihadiri sekitar 200 tamu dari berbagai kalangan. Mulai dari pejabat Irlandia, korps diplomatik, kalangan bisnis, hingga mahasiswa Indonesia.

Hadir juga dalam acara itu, Menteri Negara Departemen Transportasi Irlandia Jack Chambers, Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi serta Konsul Kehormatan RI untuk Irlandia Martin Murray. 

Sebagai tamu kehormatan, Chambers mengawali pidatonya mengenai eratnya hubungan Indonesia dengan Irlandia, meski berada di benua yang berbeda. Apalagi Maret lalu, ia berkunjung ke Jakarta, dan merayakan St.Patrick's Day di Ibu Kota Indonesia tersebut.

Baca juga : Ganjar-Mahfud Menang, Indonesia Emas 2045 Di Depan Mata

“Saat di Indonesia, saya sungguh terkesan dengan betapa populernya musik Irlandia di Indonesia, yang mana tahun ini Westlife akan mengadakan konser di Jakarta dan tahun depan Niall Horan personel One Direction akan melakukan tur," terang Chambers. 

“Walaupun adanya jarak geografis yang jauh, hubungan antara Indonesia dan Irlandia sangatlah kuat. Kita memiliki hubungan erat dan berbagai peluang, khususnya di sektor usaha dan bisnis serta pendidikan dan masih banyak lagi," lanjutnya.

Sebelumnya, dalam pidato sambutan, Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Inggris, merangkap Irlandia dan International Maritime Organization, Desra Percaya, menyampaikan, resepsi diplomatik itu diselenggarakan dalam rangka peringatan perayaan HUT ke-78 RI. Selain itu, momen Experience Indonesia Dublin mengawali persiapan perayaan 40 tahun hubungan diplomatik RI-Irlandia pada 2024.

"Perayaan tersebut tentunya akan dioptimalkan dengan melakukan berbagai inisiatif yang memberi manfaat konkret bagi kedua negara," kata diplomat yang pernah menjadi juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu RI) itu.

Baca juga : Tantangan Ke Depan Berat, Indonesia Butuh Pimpinan Yang Paham Ekonomi

Salah satu langkah awal menurut Desra adalah mendorong kunjungan misi bisnis Irlandia ke Indonesia sesegera mungkin.

"Untuk membuka jalan untuk kolaborasi lebih luas," lanjutnya.

Desra juga mengapresiasi kunjungan kerja Menteri Chambers ke Jakarta yang menghasilkan sejumlah komitmen penguatan kerja sama.  Termasuk di bidang pendidikan, ekonomi digital, pariwisata berkelanjutan hingga energi terbarukan.

Selanjutnya, acara resepsi dimulai dengan seremoni “Potong Tumpeng", untuk memperkenalkan warisan budaya dan ikon kuliner Indonesia.

Baca juga : Budayawan Yogyakarta Yakin Ganjar Akan Jadi Presiden Indonesia

Acara semakin terasa istimewa dengan penampilan gamelan dari National Concert Hall Gamelan Orchestra. Di bawah pimpinan Peter Moran, kelompok gamelan yang beranggotakan Warga Negara Irlandia ini membawakan “Ladrang Pangkur". Dalam pementasan, kelompok gamelan ini menggunakan set gamelan yang dihadiahkan Sultan Hamengkubuwono X kepada National Concert Hall Dublin.

Acara semakin meriah dengan suguhan tarian Bali Sekar Jagat dan penampilan Desra dengan saxophone-nya. Ia membawakan lagu-lagu populer dari grup band asal Irlandia Westlife serta lagu “Tanah Air".

Experience Indonesia Dublin sekaligus menutup rangkaian promosi terpadu Experience Indonesia KBRI London. Menginjak tahun kedua penyelenggaraannya, di tahun ini, Experience Indonesia menghadirkan Indonesia Investment Forum 2023 dan Indonesian Night di London serta Experience Indonesia Dublin.​​

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.