Dark/Light Mode

Ke Arab Saudi Lalu Ke Amerika

Jokowi Berusaha Hentikan Perang

Jumat, 10 November 2023 08:00 WIB
Presiden Joko Widodo. (Foto: Antara)
Presiden Joko Widodo. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi membuktikan bahwa Pemerintah Indonesia all out membela Palestina. Setelah perjuangan di DK PBB gagal, Jokowi akan ke Arab Saudi lalu lanjut ke Amerika bertemu Presiden Joe Biden. Harapan Indonesia dan masyarakat saat ini sama, perang yang terjadi di Gaza harus segera dihentikan.

Sebenarnya berbagai upaya sudah dilakukan Indonesia untuk membela Palestina. Salah satunya disampaikan dalam sidang DK PBB di New York, Amerika Serikat, Selasa (24/10/2023). Namun, upaya itu gagal karena ada penolakan dari Inggris dan Amerika Serikat.

Baca juga : Hadapi Pemilu, Jokowi Ajak Bersuka Cita

Di dalam negeri, Pemerintah Indonesia juga sudah mengirimkan bantuan untuk warga Palestina. Untuk tahap awal, Indonesia mengirimkan 51,5 ton bantuan yang berisi makanan, obat-obatan dan lain-lain ke Palestina, Sabtu (4/11/2023) pagi. Besoknya, Minggu (5/11/2023), jutaan orang kumpul di Monas, Jakarta untuk mengirim doa sekaligus mengutuk tindakan genosida Israel terhadap Palestina.

Sekarang giliran Presiden yang langsung turun tangan. Jokowi akan bertolak ke Saudi untuk menghadiri sidang kuar biasa Konferensi Tingkat Tinggi Organisasi Kerja Sama Islam (KTT OKI), Jumat (10/11/2023) malam. Forum ini diagendakan khusus untuk membahas Gaza, Palestina, yang saat ini terus menerus dibombardir Israel.

Baca juga : Amran Memanusiakan Petani

“Memang khusus membicarakan Gaza,” kata Jokowi usai meninjau SMK 1 Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (9/11/2023).

Kendati demikian, mantan Gubernur DKI Jakarta itu enggan membeberkan poin apa saja yang akan disampaikannya di hadapan para pemimpin negara-negara Arab. “Belum bicara (soal Gaza) tapi yang jelas nanti insya Allah besok malam saya akan meluncur ke Saudi Arabia untuk ikut dalam KTT OKI khusus Gaza,” ungkapnya.

Baca juga : Amran Sulaiman Diberi Gelar Bapak Modernisasi Pertanian

Dari OKI, Jokowi melanjutkan perjuangan dengan terbang ke Amerika Serikat. Dia akan bertemu Presiden Amerika, Joe Biden. Dalam kesempatan ini, Jokowi mengaku dirinya diutus negara-negara Arab untuk menyuarakan agar Israel menarik mundur pasukan militernya dari wilayah Gaza.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.