Dark/Light Mode

Ke Arab Saudi Lalu Ke Amerika

Jokowi Berusaha Hentikan Perang

Jumat, 10 November 2023 08:00 WIB
Presiden Joko Widodo. (Foto: Antara)
Presiden Joko Widodo. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
“Dari hasil OKI nanti, saya akan diutus untuk menyampaikan kepada Presiden Joe Biden agar perang di Hamas-Israel bisa disetop, bisa segera dihentikan. Namun yang dibicarakan apa nanti masih pada hari Sabtu-Minggu,” jelas Kepala Negara.

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana mengaminkan informasi yang disampaikan Jokowi. Dia bilang forum OKI digelar pada 12 November. “Ya betul. Presiden direncanakan akan hadir pada KTT Luar Biasa OKI untuk bahas Gaza,” aku Ari.

Baca juga : Hadapi Pemilu, Jokowi Ajak Bersuka Cita

Ari juga mengkonfirmasi kunjungan Jokowi ke AS untuk bertemu Biden. Menurut Ari, pertemuan tersebut dilakukan dalam rangka memenuhi undangan Biden. Undangannya pun telah sampai ke meja kerja Jokowi sejak sebulan lalu.

“Ya, memang Presiden Joe Biden mengundang Presiden Jokowi untuk kunjungi Washington DC, 13 November 2023,” kata Ari.

Baca juga : Amran Memanusiakan Petani

Ketika ditanya poin apa saja yang akan disampaikan Jokowi saat KTT OKI dan bertemu Biden, Ari mengaku belum mengetahui pasti. “Nanti saja ya. Pasti akan di-update oleh Bu Menlu Retno,” singkat dia.

Pakar Hukum Internasional dari Universitas Indoensia, Hikmahanto Juwana mengapresiasi Jokowi yang akan ke Arab lalu bertemu Presiden Biden. Dia berharap, Presiden betul-betuk memanfaatkan forum itu untuk mendesak agar perang segera dihentikan.

Baca juga : Amran Sulaiman Diberi Gelar Bapak Modernisasi Pertanian

Desakan itu, kata dia, bisa Jokowi sampaikan langsung saat bertemu Biden. Jokowi, lanjut dia, juga harus meyakinkan Biden tentang dampak yang akan dialami AS, bila gagal meminta Israel menghentikan serangannya ke Palestina.

“Dunia tentu tidak akan tidak bersimpati kepada AS, karena telah membiarkan rakyat sipil terutama anak-anak, perempuan dan orang tua menjadi korban serangan. Ini tentu akan membahayakan kepentingan AS di berbagai belahan dunia, juga warga AS,” tegas Hikmahanto, dalam keterangan tertulis kepada Rakyat Merdeka, Kamis (9/11/2023).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.