Dark/Light Mode

Gile, Dokter Palsu Pukau 300 Ribu Follower TikTok

Sabtu, 11 November 2023 06:33 WIB
Matthew Bogani Lani, dokter gadungan di Afrika Selatan. (Foto Oddity Central)
Matthew Bogani Lani, dokter gadungan di Afrika Selatan. (Foto Oddity Central)

RM.id  Rakyat Merdeka - Seorang pria di Afrika Selatan ditangkap karena menjadi dokter palsu. Meski tidak punya pengalaman medis, dia kerap membagian topik kesehatan dan sukses memiliki 300 ribu pengikut di TikTok.

Melansir Oddity Central, Matthew Bogani Lani (27), nama dokter gadungan itu. Di TikTok, dia mengklaim sebagai salah satu dokter termuda di Afrika Selatan, lulusan kedokteran Universitas Witwatersrand.

Follower percaya Lani adalah dokter, karena kerap membagikan video di akunnya ketika bekerja di rumah sakit dengan berpakaian putih dan mengenakan stetoskop di lehernya. Selain memberikan nasihat medis, Lani juga menjual obat kepada pengikutnya.

Baca juga : SIM Keliling Depok Selasa 30 Mei, Hadir Di 2 Lokasi

Bulan lalu, Lani ditangtap di Rumah Sakit Helen Joseph di Johannesburg. Dia mengenakan hoodie dan masker bedah menutupi wajahnya, dengan stetoskop di lehernya.

Diduga ini bukan pertama kalinya dia menyamar sebagai dokter di rumah sakit itu. Namun, ini pertama kali dia tertangkap.

“Dia sebelumnya memasuki fasilitas yang sama untuk membuat konten menyesatkan dengan berpura-pura menjadi seorang dokter,” kata juru bicara Departemen Kesehatan Gauteng.

Baca juga : Tekan Inflasi, Bulog Gelontorkan 300 Ribu Ton Beras

TikTok akhirnya memblokir akunnya setelah Universitas Witwatersrand dan Dewan Profesi Kesehatan Afrika Selatan membantah pengakuan Lani sebagai mahasiswa atau anggotanya.

Otoritas Penuntutan Nasional (NPA) Afrika Selatan telah meminta penyelidikan lebih lanjut kepada Lani. Pasalnya, NPA tidak memiliki bukti untuk menuntut Lani dengan tuduhan penipuan. Tidak pernah ada kasus nyata atau laporan dari orang yang dirugikan karena aksinya.

“Sebenarnya, dia hanya melakukannya untuk hiburan. Tidak ada pelapor di sini yang mengatakan dia benar-benar menerima pasian untuk berkonsultasi sebagai dokter, sehingga tidak ada kasus yang menjeratnya,” tegas pengacara Lani.

Baca juga : Pengennya 100, Dokter Pakistan Punya 60 Anak

Dilansir BBC, Lani adalah satu dari 124 orang yang ditangkap karena mengaku sebagai dokter di Afrika Selatan dalam tiga tahun terakhir. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.