Dark/Light Mode

Dukung The Two-State Solution, Jokowi Dan Erdogan Sepakat Tuntaskan Masalah Gaza

Minggu, 12 November 2023 10:15 WIB
Presiden Jokowi dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan kiri di sela Konferensi Tingkat Tinggi KTT Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam OKI di King Abdul Aziz International Convention Center KAICC Riyadh, Arab Saudi, Sabtu (11/11/2023). (Foto: Setkab)
Presiden Jokowi dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan kiri di sela Konferensi Tingkat Tinggi KTT Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam OKI di King Abdul Aziz International Convention Center KAICC Riyadh, Arab Saudi, Sabtu (11/11/2023). (Foto: Setkab)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menegaskan, Indonesia dan Turki sepakat bekerja sama menuntaskan masalah Gaza, mendukung perjuangan bangsa Palestina. Termasuk, mewujudkan kemerdekaan negara yang kini berkonflik dengan Israel. 

“Serta mengingatkan dunia untuk selesaikan akar masalah yaitu kemerdekaan Palestina berdasarkan The Two-State Solution,” kata Jokowi, dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, di sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di King Abdul Aziz International Convention Center (KAICC) Riyadh, Arab Saudi, Sabtu (11/11/2023).

Baca juga : Minggu Depan Ketemu Biden, Jokowi Diminta Bantu Stop Serangan Israel Ke Gaza

Presiden Jokowi menekankan, OKI harus bersatu dan berada di depan. OKI harus mendesak gencatan senjata segera dilakukan, menyuarakan dimulainya jeda kemanusiaan.

“Dan memastikan akses bantuan kemanusiaan yang aman, predictable, sustainable, dan menjangkau seluruh warga,” imbuhnya.

Baca juga : Dukung Aksi Bela Palestina, Bamsoet Serukan Penghentian Kekerasan di Gaza

Presiden Jokowi menekankan, Indonesia akan menggunakan semua saluran untuk menyuarakan keadilan dan kemanusiaan bagi bangsa Palestina. Termasuk, Sidang Majelis Umum PBB, Dewan HAM, dan Mahkamah Kejahatan Internasional.

Kedua pemimpin juga menyebut, Turki dan Indonesia aktif untuk terus mencoba berkontribusi pada penyelesaian masalah di Gaza.

Baca juga : Bos FPCI Ingatkan, Konflik Israel-Hamas Palestina Bukan Perang Agama

Selain itu, kedua pemimpin juga membahas penguatan kerja sama bilateral dan sepakat mengintensifkan perundingan Indonesia-Turkey Comprehensive Economic Partnership Agreement (IT-CEPA), sehingga dapat diselesaikan pada tahun 2024.

Dalam kesempatan ini, Presiden Jokowi didampingi Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.