Dark/Light Mode

Minggu Depan Ketemu Biden, Jokowi Diminta Bantu Stop Serangan Israel Ke Gaza

Kamis, 9 November 2023 13:27 WIB
Pakar Hukum Internasional Hikmahanto Juwana (Foto: Istimewa)
Pakar Hukum Internasional Hikmahanto Juwana (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pakar Hukum Internasional Hikmahanto Juwana menitip satu pesan penting kepada Presiden Jokowi, yang akan bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Washington DC, Amerika Serikat dalam rangka menghadiri KTT APEC 223 pada Senin (13/11/2023) mendatang. Hikmahanto meminta Jokowi untuk membantu menghentikan serangan Israel ke Gaza, Palestina.

Caranya, dengan mengkomunikasikan kepada Biden, tentang dampak yang akan dialami AS, bila gagal meminta Israel menghentikan serangannya ke Gaza.

Baca juga : Warga Israel Dan AS Desak Serangan Ke Gaza Distop

"Dunia tentu tidak akan tidak bersimpati kepada AS, karena telah membiarkan rakyat sipil terutama anak-anak, perempuan dan orang tua menjadi korban serangan. Ini tentu akan membahayakan kepentingan AS di berbagai belahan dunia, juga warga AS," kata Hikmahanto, dalam keterangan tertulis kepada RM.id, Kamis (9/11).

Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) ini juga menilai, langkah AS membiarkan Israel terus membabi buta menyerang rakyat tak berdosa di Gaza, akan memengaruhi legitimasi Negeri Paman asam, sebagai negara besar yang selalu mengusung nilai-nilai hak asasi manusia (HAM).

Baca juga : Bareng Presiden Jokowi, Syifa Hadju Cs Lepas Bantuan Untuk Gaza

"Bila AS terus membiarkan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyerang Gaza, negara-negara lain tentu akan terdorong untuk terlibat dalam perang di Gaza. Perang Dunia III pun berada di ambang pintu," papar Hikmahanto.

"Ini jelas bertentangan dengan prinsip AS sebagai negara adidaya, yang selalu ingin menjadi garda terdepan, untuk memastikan perdamaian dan adanya keseimbangan kekuatan (balance of power)," pungkas Rektor Universitaa Jenderal Ahmad Yani, Cimahi ini.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.