Dark/Light Mode

Survei LSI Denny JA

Elektabilitas Prabowo Naik Signifikan, Narasi Gemoy Disukai Milenial Dan Gen Z

Rabu, 22 November 2023 20:17 WIB
Capres nomor 1 Prabowo Subianto (kanan) dan cawapres Gibran Rakabuming Raka (Foto: Instagram)
Capres nomor 1 Prabowo Subianto (kanan) dan cawapres Gibran Rakabuming Raka (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Riset terbaru Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menunjukkan kenaikan elektabilitas Prabowo Subianto secara signifikan, dari Oktober 2023 ke November 2023. Mayoritas disumbang pemilih muda. Narasi Prabowo Gemoy disukai milenial dan gen Z.

Pada Oktober 2023, voters milenial yang memilih Prabowo berjumlah 36,9 persen. November 2023, angkanya naik menjadi 41,6 persen.

Survei tersebut juga mengungkap, narasi 'Prabowo Gemoy' menjadi salah satu faktor yang mengerek elektabilitas Capres Nomor Urut 1.

Menanggapi hal ini, Jubir Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Faldo Maldini bersyukur, rakyat sudah melihat sosok Menteri Pertahanan itu apa adanya.

Baca juga : Relawan Ganjar Creasi Gaet Milenial Dan Gen Z Dalam Diskusi Ilmiah

Menurutnya, 'Gemoy' menjadi narasi yang sangat dekat dengan pemilih milenial dan generasi Z (Gen Z).

Kata Faldo, julukan 'Gemoy' berasal dari pendukung Prabowo di kalangan milenial dan Gen Z.

"Alhamdulillah, anak muda, generasi milenial dan Gen Z semakin menyukai Pak Prabowo yang selalu tampil apa adanya. Tegas, tapi tetap bisa jenaka," ujar Faldo pada wartawan, Rabu (22/11/2023).

Survei LSI Denny JA menyebut, istilah 'gemoy' untuk Prabowo disukai kalangan pemilih milenial. Dia tetap rileks dan santai ketika dihujat, sesuai selera generasi milenial.

Baca juga : Elektabilitas Gerindra Tembus 17,8 Persen, Berpotensi Menang Pemilu Legislatif

Tak jarang, Prabowo menunjukkan jogetannya di hadapan publik.

"Masyarakat tahu, Pak Prabowo tampil di hadapan publik tanpa dibuat-buat. Apa adanya. Sikapnya tetap tegas dan sat set, tapi ada sisi humanis yang jenaka," tandas Faldo.

Sikap apa adanya inilah yang membuat elektabilitas Prabowo-Gibran menduduki posisi teratas di survei LSI Denny JA.

Prabowo-Gibran bahkan unggul dua digit dari paslon di urutan kedua, Ganjar-Mahfud. Sementara elektabilitas Prabowo-Gibran mencapai 40,3 persen, Ganjar-Mahfud hanya 28,6 persen.

Baca juga : Elektabilitas PDIP Teratas, 10 Partai Terancam Gagal Melenggang Ke Senayan

Survei LSI Denny JA digelar pada 6-13 November 2023, dengan melibatkan 1.200 responden, menggunakan metode multistage random sampling dan wawancara tatap muka. Dengan margin of error survei sekitar 2,9 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.