Dark/Light Mode

Pecah Rekor, Kedubes AS Jakarta Terbitkan Lebih Dari 100 Ribu Visa Bagi WNI 

Jumat, 24 November 2023 16:50 WIB
Ilustrasi suasana di Kedubes AS Jakarta. (Foto: Ist)
Ilustrasi suasana di Kedubes AS Jakarta. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Jakarta telah menerbitkan lebih dari 100.000 bagi pemohon visa asal Indonesia di tahun 2023. Jumlah ini memecahkan rekor penerbitan visa di tahun sebelumnya. 

Kedubes AS melihat adanya peningkatan dalam permohonan dan persetujuan visa pada tahun ini. Jumlah penerbitan di tahun 2023 meningkat lebih dari 40 persen dibandingkan periode sebelum pandemi. 

Tahun 2022, Kedubes AS di Jakarta mengeluarkan lebih dari 57.000 visa kunjungan. Juru Bicara Kedutaan Besar AS Michael D. Quinlan mengatakan jumlah permohonan dan persetujuan visa ini menunjukkan AS serius mempromosikan pariwisatanya. 

Baca juga : Atasi Kekeringan, Kemensos Alirkan Air Bersih Di 34 Lokasi Kabupaten Bogor

"Amerika Serikat terus menjadi pilihan populer bagi wisatawan Indonesia dengan jumlah permintaan visa yang tinggi,” kata Quinlan dalam keterangannya, Jumat (24/11/2023). 

Awal tahun ini, Duta Besar AS Sung Y. Kim meluncurkan kampanye “TravelUSA: American Destinations and Culture” untuk mempromosikan perjalanan wisata dari Indonesia ke AS. 

Bepergian ke AS menawarkan kesempatan untuk mengalami budaya Amerika, tujuan wisata, masakan terkenal dunia, pendidikan berkualitas tinggi, belanja kelas dunia, dan berbagai acara olahraga. 

Baca juga : Cuaca Besok Di Jakarta Hujan Petir Dan Angin Kencang, BMKG Rilis Peringatan Dini

Quinland mengatakan Kedutaan Besar AS siap memberikan informasi rinci tentang penjadwalan janji temu, cara melengkapi aplikasi, dan mempersiapkan wawancara visa.

“Kami dengan senang hati memfasilitasi perjalanan dan melihat lebih banyak orang Indonesia mengunjungi Amerika Serikat,” lanjutnya.

Dalam sebuah acara di awal bulan ini, Kedubes AS memberikan apresiasi kepada penerima visa ke-100.000, Sururoh Tullah Ade Doin Uthman. Ia adalah koordinator hubungan internasional di Ikatan Pelajar Perempuan Nahdlatul Ulama (IPPNU). 

Baca juga : BNI Bantu Kemendikbudristek Salurkan Lebih dari Rp1,8 Triliun Dana PIP

Sururoh akan melakukan perjalanan ke Amerika Serikat untuk berpartisipasi dalam program Community Engagement Exchange (CEE) yang disponsori Pemerintah AS. 

“Saya senang sekali permohonan visa saya disetujui. Kabar yang sangat baik sekali, apalagi menjadi penerima visa ke-100.000 dan saya bisa berangkat ke Amerika Serikat,” kata Sururoh.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.