Dark/Light Mode

Pagi Ini, Kualitas Udara Di Jakarta Terburuk Nomor 3 Di Dunia

Senin, 14 Agustus 2023 06:45 WIB
Ilustrasi kualitas udara di Jakarta, hari ini, Senin (14/8). (Foto: RM.ID/ M Ade Al Kautsar)
Ilustrasi kualitas udara di Jakarta, hari ini, Senin (14/8). (Foto: RM.ID/ M Ade Al Kautsar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perusahaan teknologi kualitas udara asal Swiss, IQAir kembali merilis indeks kualitas udara terkini, pukul 06.19 WIB pagi, Senin (14/8). Hasilnya, Jakarta nangkring di urutan ketiga kualitas udara terburuk di dunia.

Posisi pertama yang sebelumnya dipegang Jakarta, kini dihuni Dubai, Uni Emirate Arab (UAE) dengan skor 161. Urutan kedua, Kuwait dengan skor 158. Sementara Jakarta di urutan ketiga, diberi skor 154.

Baca juga : PSI Desak Pemprov Terapkan WFH, Usai Jakarta Jadi Kota Paling Tercemar Di Dunia

Sebagai informasi, rentang skor 151-200 menandakan kualitas udara tidak sehat. Kualitas udara yang baik berada di rentang skor 0-50. Sedangkan 51-100 adalah sedang, lalu 101-150 merupakan skor tidak sehat bagi kelompok sensitif.

Polutan utama PM2.5 di Jakarta pagi ini berada di konsentrasi 60.9 µg/m³ atau 12.2 kali di atas ambang aman kualitas udara tahunan WHO.

Baca juga : Prakiraan Cuaca Di Jakarta Besok, Rabu 9 Agustus 2023: Hujan Atau Panas?

Selain Jakarta, sejumlah daerah di Indonesia juga memiliki kualitas udara yang tak kalah buruk. Diantaranya Kota Pontianak, Kalimantan Barat (179), Serang, Banten (176), Tangerang Selatan, Banten (169), dan Kota Denpasar, Bali (155).

IQAir merekomendasikan cara melindungi diri dari polusi udara dengan mengenakan masker, menyalakan penyaring udara, menutup jendelauntuk menghindari udara luar yang kotor dan menghindari aktivitas outdoor.

Baca juga : SIM Keliling Jakarta 8 Agustus, Cek Di Sini Lokasinya

Per pagi ini, 3 kota dengan kualitas udara terbaik menurut IQAir antara lain Canbera, Australia dengan skor 4, lalu San Fransisco, Amerika Serikat (4) dan Bishkek, Kyrgystan (7).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :