Dark/Light Mode

AS-Indonesia Gelar Keris Marine Exercise 2023 Di Sukabumi

Rabu, 29 November 2023 06:36 WIB
Marinir AS dan Indonesia dalam latihan bersama Keris Marine Exercise 2022. (Foto U.S. Marine Corps Sgt. Pulliam)
Marinir AS dan Indonesia dalam latihan bersama Keris Marine Exercise 2022. (Foto U.S. Marine Corps Sgt. Pulliam)

RM.id  Rakyat Merdeka - Korps Marinir TNI-AL (Kormar), dan Pasukan Marinir AS Menggelar Keris Marine Exercise (Keris Marex) pada 23 November-11 Desember 2023, di Antarlina, Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia.

Keris Marex adalah sebuah latihan bilateral antara Pasukan Marinir AS dan Korps Marinir TNI AL yang bertujuan untuk mempromosikan interoperabilitias militer dan kesadaran ranah maritim, memperkuat kerja sama, serta mengembangkan kemampuan militer dari unit-unit yang berpartisipasi.

Pada 2022, pasukan marinir AS dari Marine Rotational Force-Southeast Asia (MRF-SEA) berpartisipasi dalam latihan perdana Keris Marex, dan kembali ke Indonesia tahun ini untuk meningkatkan pengembangan kapasitas dan interoperabilitas gabungan.

Baca juga : Layar Anak Indonesiana Hadir Di JAFF 2023

Sekitar 150 anggota pasukan Marinir AS dan 150 anggota Korps Marinir TNI AL akan mengikuti Keris Marex 2023. Ratusan tentara melakukan pelatihan meningkatkan pertahanan pesisir, latihan menembak, senjata multikru, dan kemampuan sistem pertahanan udara gabungan tanpa awak.

Para peserta juga akan berinteraksi dengan masyarakat, serta melakukan pertukaran pakar untuk memperkuat komitmen bersama untuk keamanan dan kerjasama regional.

“Keris Marine Exercise 2023 merupakan kesempatan penting bagi Marine Rotational Force dan Southeast Asia dimana kami mengikuti latihan perang hutan di Indonesia. Ini lebih dari sekedar latihan; ini adalah kesempatan untuk memperkuat hubungan kami dengan Marinir Indonesia dan memperkuat kemampuan bersama kami,” ujar Komandan MRF-SEA Kolonel Siverts.

Baca juga : Yenny Wahid: Indonesia Harus Kembali Dipimpin Santri

Keris Marex 23 merupakan latihan perdana I Marine Expeditionary Force di Indonesia. Menurut Kepala Dinas Penerangan Korps Marinir Kolonel Marinir, Bambang Dillianto, pada akhir latihan Indonesia dan Amerika akan bersama-sama merayakan hari ulang tahun Korps Marinir dan Marinir AS.

“Dalam situasi latihan yang penuh dengan kegembiraan di lapangan, ini merupakan kesempatan berharga yang harus kita manfaatkan sebaik-baiknya. Kami berharap semoga kedepan hubungan Korps Marinir kedua negara menjadi semakin erat dan saling mendukung dalam menghadapi permasalahan kompleks kedepan,” tambahnya.

Latihan tahun ini akan diakhiri dengan latihan infanteri tingkat peleton untuk menunjukan kemampuan tempur gabungan serta persahabatan antara Kormar dan Pasukan Marinir AS.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.