Dark/Light Mode

PMI Gelar Operasi Katarak Untuk 150 Pasien Di Maluku

Kamis, 2 November 2023 19:03 WIB
Operasi katarak. (Foto: Ist)
Operasi katarak. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Palang Merah Indonesia (PMI) bersama dengan ICRC dan Klinik Mata Utama Maluku mengadakan operasi bagi 150 penderita katarak di Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku. Operasi katarak dilakukan di RSUD Tiakur, 1-4 November 2023.

Selain itu, dua organisasi kepalangmerahan itu juga membagikan 500 kacamata gratis bagi warga.

Baca juga : SIM Keliling Bekasi Rabu 1 November Hadir Di Metropolitan Mall

Ketua Bidang Kesehatan dan Sosial Markas Pusat PMI, CSP Wekadigunawan mengatakan, operasi ini bertujuan untuk membantu pemerintah dan masyarakat di wilayah Indonesia Timur yang membutuhkan bantuan pengelihatan.

"Saya berharap, kegiatan yang kita lakukan ini dapat membantu Pemerintah Daerah Maluku Barat Daya, untuk membantu persoalan kesehatan masyarakat," kata Weka, Kamis (2/11/2023).

Baca juga : BRI Liga 1: Persita Vs Bali Unted, Adu Kuat Mental

Rencana ke depan, PMI akan melaksanakan kegiatan serupa di Aru. Weka mengatakan sebelumnya, PMI dengan ICRC juga telah melakukan Operasi Katarak dan pembagian kacamata gratis di wilayah Saumlaki, Seram Bagian Timur, Tual, Buru dan Ambon.

Sementara itu, Wakil Bupati Maluku Barat Daya, Agustinus Lekwardai Kilykily mengatakan, angka kasus katarak cukup tinggi di wilayahnya. Hal ini dikarenakan kurangnya akses kesehatan dan dokter dan kurangnya pentingnya menjaga kesehatan mata.

Baca juga : SIM Keliling Bekasi Sabtu 28 Oktober Hadir Di Alun-Alun Kota

"Kami menyambut baik kerjasama PMI dengan ICRC di Maluku Barat Daya, terutama untuk membantu masalah kesehatan mata. Total sekitar 1300 orang yang datang dari 17 Kecamatan di MBD, " jelas Agustinus.

Rencana ke depan, PMI akan melaksanakan kegiatan serupa di Aru setelah sebelumnya, PMI dengan ICRC telah melakukan Operasi Katarak dan pembagian kacamata gratis  di wilayah Saumlaki, Seram Bagian Timur, Tual, Buru dan Ambon.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.