Dark/Light Mode

Incar Turis Korea, Garuda Indonesia Travel Fair 2023 Digelar di KBRI Seoul

Rabu, 29 November 2023 14:19 WIB
Pembukaan Garuda Indonesia International Travel Fair (GATF) 2023, di KBRI Seoul, Korea Selatan, Senin (20/11). (Foto: Dok. KBRI Seoul)
Pembukaan Garuda Indonesia International Travel Fair (GATF) 2023, di KBRI Seoul, Korea Selatan, Senin (20/11). (Foto: Dok. KBRI Seoul)

RM.id  Rakyat Merdeka - Garuda Indonesia International Travel Fair (GATF) 2023 resmi dibuka di KBRI Seoul, Korea Selatan, Senin (20/11). Pameran ini ditujukan untuk menarik turis Korea Selatan untuk berwisata ke Indonesia.

“Saat ini Bali masih menjadi destinasi terpopuler Indonesia untuk masyarakat Korea. Namun ke depan, kita berupaya agar wisatawan Korea berkunjung ke destinasi wisata di provinsi selain Bali. Oleh karena itu, promosi harus digiatkan antara lain melalui event seperti Garuda Indonesia Travel Fair ini,” ucap Kuasa Usaha Ad-Interim (KUAI) KBRI Seoul Zelda Wulan Kartika, saat membuka GATF 2023, seperti keterangan yang diterima redaksi, Rabu (29/11).

Dia menjelaskan, KBRI Seoul senantiasa mendukung kegiatan promosi yang dilakukan Garuda Indonesia di Korea. Antara lain melalui GATF dan kegiatan lainnya. Karena, hal ini sejalan dengan program promosi pariwisata KBRI Seoul.

Baca juga : Bangun Creative Hub, Ganjar-Mahfud Bawa Indonesia Jadi Lebih Sejahtera

Dalam menggalakkan promosi pariwisata, KBRI Seoul telah melakukan kerja sama secara berkelanjutan dengan Garuda Indonesia. Antara lain promosi pariwisata Sulawesi Utara pada Desember 2022 dan Tourism Fair di Kota Ilsan pada Juli 2023.

Direktur Jasa dan Komersial Garuda Indonesia, Ade Susardi, menyampaikan bahwa sejalan dengan upaya untuk memberikan nilai tambah bagi pengguna jasa dan guna menyambut peringatan 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Korea, GATF dilaksanakan selama 7 hari, yaitu pada 20-26 November 2023. Kegiatan dilaksanakan di 3 kota secara bersamaan, yakni Seoul, Hong Kong dan Singapura. Dirancang sebagai one stop shopping destination, GATF bertujuan menghadirkan harga terbaik selama periode ini, termasuk tarif khusus untuk kelas bisnis dan ekonomi yang hanya tersedia selama pameran perjalanan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, hadir melalui pesan video singkat dan menyampaikan bahwa Korea Selatan bersama Hong Kong dan Singapura dipilih karena merupakan fokus pariwisata untuk promosi super prioritas. Ini adalah pertama kalinya Travel Fair diselenggarakan di luar Indonesia, dan event tersebut diharapkan akan dapat diselenggarakan kembali di tahun-tahun mendatang.

Baca juga : Dubes Uni Emirat Arab Untuk Indonesia Menari Di Perayaan Hari Nasional

GATF 2023 menawarkan tarif istimewa untuk tiket pulang pergi (roundtrip) Incheon-Jakarta dan Incheon-Denpasar, yakni mulai dari sekitar KRW 560.000 untuk kelas ekonomi dan KRW 1,77 juta untuk kelas bisnis. Harga tersebut berlaku untuk periode keberangkatan hingga 19 November 2024 dan dapat diakses baik melalui website Garuda Indonesia www.garuda-indonesia.com, aplikasi FlyGaruda, aplikasi Livin' by Mandiri melalui menu Livin’Sukha, maupun melalui mitra agen perjalanan.

Selain menghadirkan harga khusus, Travel Fair juga menawarkan berbagai nilai tambah bagi anggota GarudaMiles. Yaitu berupa welcome bonus sebesar 2023 mileage bagi anggota baru yang melaksanakan pendaftaran selama periode travel fair, potongan mileage sebesar 30 persen bagi pembelian tiket dengan menggunakan GarudaMiles, serta cashback dari Bank Mandiri hingga 60.000 KRW, transaksi lewat Livin’ SUKHA, aplikasi FlyGaruda dan selain itu transaksi akan jadi lebih ringan dengan ubah jadi cicilan menjadi cicilan melalui Livin’ by mandiri.

Pasca Pandemi Covid-19, terlihat peningkatan jumlah wisatawan Korea yang mengunjungi Indonesia, demikian pula sebaliknya. Pada 2022, terdapat 122.000 wisatawan Korsel berkunjung ke Indonesia, dan per September 2023, tercatat 255.845 wisatawan Korsel telah mengunjungi Indonesia. Sementara itu, sekitar 57.088 wisatawan Indonesia tercatat berkunjung ke Korsel pada 2022. Per September 2023, jumlah wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Korsel tercatat meningkat menjadi 104.279 orang.

Baca juga : Rinoa Aurora, Diajak Damai, Masih Trauma Ditampar Leon

Garuda Indonesia saat ini melayani penerbangan langsung dari Incheon di Korea menuju Indonesia melalui dua kota besar di Indonesia yaitu Jakarta dan Denpasar/Bali. Sebagai upaya berkelanjutan perusahaan untuk memberikan berbagai alternatif pilihan penerbangan, Garuda Indonesia akan meningkatkan penerbangan langsung ke Denpasar dari dua kali seminggu menjadi empat kali seminggu mulai Desember 2023 guna memenuhi meningkatnya permintaan perjalanan dengan tujuan Bali. Dengan jadwal keberangkatan penerbangan dari Incheon pukul 11:35 KST dan tiba di Bali pada pukul 17:45 WITA, di hari yang sama wisatawan Korsel akan dapat menikmati malam di Bali. Untuk penerbangan kepulangan, akan diberangkatkan dari Bali pada pukul 01:30 WITA dan tiba di Incheon pada pukul 09:15 KST.

Dengan layanan penerbangan khas Garuda Indonesia Experience yang menghadirkan keramahtamahan khas Indonesia mulai dari pre, in hingga post flight, kehadiran Travel Fair ini diharapkan tidak hanya menghadirkan berbagai pilihan akses penerbangan untuk menuju destinasi eksotis di Indonesia, namun kedepannya juga akan turut memperkuat hubungan kedua negara.

Pembukaan GATF 2023 di KBRI Seoul juga dihadiri Direktur Garuda Holidays KoreaSung Kyungmin dan Wakil Presiden Korporat dan Channel Garuda Indonesia Arsena Permasadhie. GATF 2023 yang pertama kali diselenggarakan pasca pandemi di Seoul, telah menghadirkan sekurangnya 100 pelaku industri jasa pariwisata dan agen perjalanan dari Korea.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.