Dark/Light Mode

Adi Soumena Wakili Kaum Muda Indonesia Di SDGs Summit 2023

Selasa, 31 Oktober 2023 18:00 WIB
Adi Soemena jadi satu-satunya perwakilan anak muda Indonesia yang mengikuti event di Markas Besar PBB, New York, Amerika Serikat pada 15-21 September 2023. Foto: Istimewa
Adi Soemena jadi satu-satunya perwakilan anak muda Indonesia yang mengikuti event di Markas Besar PBB, New York, Amerika Serikat pada 15-21 September 2023. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Peran kaum muda dalam proses mencapai terwujudnya Sustainable Development Goals (SDGs) menjadi hal yang tidak bisa diabaikan.

Melalui rangkaian acara SDGs Summit 2023, kaum muda diberikan wadah untuk menyuarakan aspirasi mereka dalam Education in Emergencies Global Youth Panel Plan International bersama 4 perwakilan lain dari Indonesia, Lebanon dan Amerika Serikat.

Adi Soemena jadi satu-satunya perwakilan anak muda Indonesia yang mengikuti event di Markas Besar PBB, New York, Amerika Serikat pada 15-21 September 2023.

Di sana, remaja inspiratif dari SOS Children’s Villages ini bersama kaum muda lainnya, berkesempatan untuk bergabung dalam SDGs Action Weekend dengan mengikuti beberapa sesi yang berfokus terhadap pendidikan berkualitas, kesetaraan gender, dan partisipasi anak dan kaum muda secara bermakna terutama dalam setiap pengambilan keputusan yang berkaitan dengan kehidupan mereka.

Baca juga : OSO: Saya Ingin Indonesia Lebih Sejahtera

Adi dan kaum muda lainnya sepakat bahwa PBB perlu untuk memberikan lebih banyak ruang dan kesempatan bagi kaum muda untuk turut berpartisipasi dalam pengambilan keputusan apalagi yang menyangkut tentang kehidupan kaum muda.

Selama mengikuti event itu, Adi bersama yang lain berkesempatan berbicara di Joining Forces Call to Action: Children as an Agent of Change.

Perlu diketahui, Joining Forces adalah aliansi dari enam NGO Internasional terbesar yang berfokus pada anak yang terdiri dari ChildFund International, Yayasan Plan International, Save the Children, SOS Children’s Villages, Federasi Internasional Terre des Hommes dan World Vision.

Joining Forces mempunyai tujuan untuk menggunakan kekuatan kolektif dari setiap anggota demi mempercepat perubahan guna menjamin hak-hak anak dan mengakhiri kekerasan terhadap mereka.

Baca juga : Genjot Literasi Keuangan, FIFGroup Gelar Indonesia Motorcycle Show Plus 2023

Di kesempatan ini, seruan ‘Ask Us And Collaborate With Us To Make A Change!’ terus digaungkan Adi untuk meminta kepada para pemangku kebijakan agar anak-anak dan kaum muda bisa dilibatkan dalam setiap proses pengambilan keputusan.

"Saya rasa untuk mencapai SDGs yang telah menjadi agenda masyarakat dunia ini perlu adanya kolaborasi dan dukungan yang berkelanjutan dari segala pihak mulai dari pemerintah, kaum muda, masyarakat, akademisi, aktivis, NGO, filantropis, dan tokoh masyarakat," kata Adi.

"Berkolaborasi secara inklusif dan setara adalah kunci untuk meningkatkan tujuan dari SDGs itu sendiri. Sehingga, memberikan akses, dukungan, dan kesempatan kepada generasi muda untuk terlibat menjadi sangat penting," imbuhnya.

Menanggapi keterlibatan Adi sebagai perwakilan kaum muda Indonesia di SGDs Summit 2023, Yunus Ismail selaku Youth Development Director SOS Children’s Villages mengaku sangat bangga.

Baca juga : Pj Gubernur Jateng: Kemajuan Indonesia Di Tangan Pemuda

"Kepedulian Adi terhadap pemberdayaan kaum muda mencerminkan keinginan kuat dari kaum muda di Indonesia untuk membangun negeri dan membawa Indonesia hadir di ranah global. Dukungan saya sepenuhnya untuk Adi dan kaum muda di Indonesia. Semoga apa yang Adi lakukan dapat menjadi inspirasi bagi kaum muda lainnya untuk tidak gentar dalam menyuarakan aspirasi mereka," tutup Yunus.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.