Dark/Light Mode

Dubes Uni Emirat Arab Untuk Indonesia Menari Di Perayaan Hari Nasional

Senin, 27 November 2023 06:28 WIB
Dubes Abdulla Salem Obaid AlDhaheri mendampingi Menteri Airlangga Hartarto di perayaan Hari Nasional UEA, di Jakarta, Jumat (24/11/2023). (Foto Kedubes UEA Jakarta)
Dubes Abdulla Salem Obaid AlDhaheri mendampingi Menteri Airlangga Hartarto di perayaan Hari Nasional UEA, di Jakarta, Jumat (24/11/2023). (Foto Kedubes UEA Jakarta)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perayaan Hari Nasional Uni Emirat Arab (UEA) ke-52 di Jakarta berlangsung wah. Kedutaan Besar UEA di Jakarta tidak setengah-setengah dalam melayani tamu mereka. Tamu adalah raja adalah slogan yang dipegang tuan rumah.

Replika gerbang khas Timur Tengah sudah menyambut para tamu yang menginjakkan kaki di Ballroom Hotel Raffles, Jakarta, Jumat (24/11) malam.

Biasanya, dalam perayaan hari nasional negara lainnya, para tamu lebih banyak berdiri dan berkeliling lokasi acara. Kali ini, tuan rumah menyediakan meja bundar beserta kursi yang cukup menampung 100 tamu undangan.

Para tamu pun bisa duduk santai dan ngobrol sembari menunggu acara utama dibuka. Di lokasi juga menyediakan booth khusus tamu perempuan yang ingin tangannya dihias dengan henna.

Untuk pecinta fashion, ada juga booth yang memamerkan kain pilihan yang cocok dijadikan gamis. Sementara yang ingin mencicipi teh khas Timur Tengah yang memiliki aroma rempah, juga tersedia.

Baca juga : Danone Indonesia Diganjar 6 Penghargaan Oleh MIX MarComm

Duta Besar (Dubes) UEA untuk Indonesia Abdulla Salem Obaid AlDhaheri memulai acara setelah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, tiba di lokasi.

Hadir juga dalam acara ini Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, Wakil Sekretaris Jenderal ASEAN Michael Tene, dan Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Mansury.

Dalam pidato pembukaannya, Dubes Abdulla membeberkan betapa baiknya pertumbuhan kerja sama UEA dengan Indonesia. Mulai dari kemitraan strategis di bidang ekonomi hingga politik.

“Pada kesempatan ini, saya ingin mengapresiasi hubungan kedua negara yang berkembang di berbagai kemitraan strategis di sektor politik, ekonomi, dan perdagangan,” ucapnya.

Dia membeberkan, hubungan UEA dan Indonesia yang baik diperkuat dengan Perjanjian Indonesia-Uni Emirates Arab Comprehensive Economic Partnership Agreement (IUEA-CEPA) yang berlaku penuh sejak 1 September 2022.

Baca juga : Mengupas Kudeta Berdarah Dan Konflik Di Ukraina

 “Semoga hubungan kedua negara terus terjalin dan menguat di masa depan serta meningkatkan perdagangan bilateral,” harapnya.

Dalam pemaparannya, Dubes Abdulla menyinggung kerja sama dalam ranah infrastruktur. Termasuk soal pembangkit listrik tenaga Surya Cirata di Jawa Barat yang pada 9 November 2023, dikerjakan Perusahaan UEA Masdar dan PLN.

“Kerja sama tersebut, mencerminkan kuatnya hubungan ini,” ujarnya.

Sementara, Menteri Airlangga mengaku senang dengan capaian kerja sama UEA dengan Indonesia di sektor perdagangan.

 “Saya senang mengetahui UEA tetap menjadi mitra perdagangan dan investasi utama kami di kawasan Timur Tengah. Faktanya, tahun lalu, UEA menjadi mitra dagang terbesar kedua Indonesia di antara negara-negara Timur Tengah lainnnya,” terang Airlangga.

Baca juga : Indonesia Masuk Grup Berat Bareng Qatar, Yordania, Australia

Usai pidato, Dubes Abdulla pun mengajak seluruh Dubes dari Timur Tengah dan para tamu kehormatan untuk ikut memotong kue. Usai potong kue dan berfoto, para tamu dipersilakan menikmati sajian makan malam yang diantar langsung ke meja masing-masing.

Udang panggang menjadi makanan pembuka yang diikuti ikan panggang dan umm ali sebagai makanan pencuci mulut. Kemudian, menyajikan harees (bubur yang terbuat dari gandum dan daging yang dimasak hingga menjadi kental), ouzi (sejenis nasi biryani dengan sayuran dan daging) dan luqaimat (cemilan manis khas Timur Tengah) yang ditawarkan petugas saat mengelilingi meja para tamu.

Acara makan malam bersama bukan akhir dari acara perayaan Hari Nasional UEA ke-52. Para tamu dihibur dengan musik khas Negeri Padang Pasir oleh Al Mazyood Band. Dubes Abdulla ikut menari bersama.

Para tamu tampak pulang dengan senyum lebar setelah puas menikmati segala sajian lezat dan hiburan menarik. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.