Dark/Light Mode

Sinergi KBRI Bandar Seri Begawan dan BPJS Ketenagakerjaan, Beri Perlindungan PMI

Rabu, 6 Desember 2023 17:56 WIB
Dubes Ubaedillah saat meresmikan Loket Desk Temporary BPJS Ketenagakerjaan di KBRI Bandar Seri Begawan, Senin (4/12/202). (Foto: Dok. KBRI Bandar Seri Begawan)
Dubes Ubaedillah saat meresmikan Loket Desk Temporary BPJS Ketenagakerjaan di KBRI Bandar Seri Begawan, Senin (4/12/202). (Foto: Dok. KBRI Bandar Seri Begawan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam, Achmad Ubaedillah menegaskan, bahwa prinsip negara hadir dalam melindungi warga negaranya harus terus perjuangkan untuk memberikan pelindungan maksimal terhadap Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang berada di Brunei Darussalam.

Hal ini disampaikan Dubes Ubaedillah saat meresmikan Loket Desk Temporary BPJS Ketenagakerjaan di KBRI Bandar Seri Begawan, Senin (4/12/2023).

Peresmian pelayanan BPJS Ketenagakerjaan ditandai dengan gunting pita oleh Dubes Ubaedillah dan Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Zainudin.

Hadir pula Wakil Kepala Perwakilan RI Irwan Iding, seluruh Pejabat dan Staf KBRI BSB, Pejabat dari Direktorat Pelindungan WNI Kementerian Luar Negeri dan jajaran BPJS Ketenagakerjaan yang hadir di KBRI BSB.

Baca juga : Sinergi BUMN, Perhutani Bersama ID Survey Peringati HMPI Di Bogor

 

Dubes Ubaedillah (kedua kanan) saat meresmikan Loket Desk Temporary BPJS Ketenangakerjaan di KBRI Bandar Seri Begawan, Senin (4/12/2023). (Foto: Dok. KBRI Bandar Seri Begawan)

 

Pengoperasian desk temporary BPJS Ketenagakerjaan di KBRI BSB sekaligus merupakan tindaklanjut MoU No. PRJ/PK/00048/11/2023/66/10 antara Kementerian Luar Negeri dan BPJS Ketenagakerjaan tentang Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi PMI.

Kerja sama ini ditandatangani pada tanggal 11 November 2023 di KBRI Singapura, dengan ruang lingkup kerja sama antara lain Perluasan Program Jamsostek, Sosialisasi, dan Perluasan Kanal di luar negeri.

Baca juga : Sinergi REI dan Pemprov DKI Wujudkan Jakarta Hijau dan Ramah Lingkungan

 ”Sinergi antara KBRI BSB dan BPJS Ketenagakerjaan adalah bentuk kehadiran negara dalam menjamin kesejahteraan dan pelindungan bagi PMI di Brunei Darussalam," ujar Dubes Ubaedillah dalam keterangannya, Rabu (6/12/2023).

Menurutnya, kerja sama ini sebagaimana diamanatkan dalam UU No. 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia yang mengamanatkan kewajiban PMI untuk memiliki jaminan sosial dan Inpres No. 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Ia juga menyambut baik rencana Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan yang akan menjadikan temporary desk BPJS Ketenagakerjaan di KBRI BSB sebagai pilot project bagi Perwakilan RI lainya.

Hal ini tidak terlepas dari angka Pendaftaran Online Mandiri untuk kepesertaan BPJS di Brunei merupakan tertinggi per bulan tahun 2023.

Baca juga : Ketum PSI Kaesang Doakan Persipura Bisa Berlaga Di Liga 1

Menurut Direktur Kepesertaan BPJS Kenetagakerjaan, capaian kerja sama KBRI BSB dan BPJS Ketenagakerjaan antara lain pada November 2023 PMI di Brunei Darussalam adalah terbesar yang aktif kepesertaannya di BPJS Ketenagakerjaan. Jumlahnya mencapai 4.228, naik drastis dari 3.700 pada bulan lalu.

Capaian sebelumnya antara lain pada periode Januari-Oktober 2023 Brunei adalah negara dengan pendaftaran perpanjangan PMI luar negeri tertinggi via Pendaftaran Online Mandiri ((POM) dan Agustus 2023.

Kerja sama tersebut merupakan upaya pencegahan dalam kerangka pelindungan PMI dalam Program MELAJU MEGAH, yaitu Melayani dengan Jujur Melaksanakan Pencegahan yang dilaksanakan melalui kegiatan sosialisasi secara berkala baik melalui penyebaran informasi maupun penyuluhan secara daring dan luring dengan PMI di Brunei Darussalam.

Penyelenggaran pelayanan BPJS Ketenagakerjaan bersifat sementara (temporary desk) berlangsung selama bulan Desember 2023, Senin sampai Jumat pukul 08.30-16.00.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.