Dark/Light Mode

Pentingnya Literasi Keagamaan

Kebebasan Beragama Harus Terus Dilindungi

Selasa, 14 November 2023 07:30 WIB
Menkumham Yasonna H Laoly. (Foto: Ist)
Menkumham Yasonna H Laoly. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Literasi keagamaan lintas budaya dinilai mampu memperkuat kemajemukan di tengah masyarakat. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menilai, kebebasan setiap individu dalam beragama harus tetap dilindungi.

Menkumham Yasonna H Laoly mengatakan, kebebasan setiap orang dalam beragama di Indonesia sudah dilindungi oleh Pemerintah.

Sikap saling menghargai ini muncul. Salah satunya karena literasi keagamaan lintas agama sudah berjalan di tengah ma­syarakat.

Baca juga : Integrasi Mitra Dengan Masyarakat, Jurus BNPT Maksimalkan Deradikalisasi

“Isu kebebasan beragama sebagai hal yang teramat penting karena Indonesia merupakan bangsa yang penduduknya dikenal sangat beragama,” ujar Yasonna dalam Konferensi Internasional Literasi Keagamaan Lintas Budaya, di Jakarta, Senin (13/11/2023).

Menurutnya, Konferensi Internasional Literasi Keagamaan Lintas Budaya ini bagian dari rangkaian peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia ke-75.

Acara yang digelar pada 13-14 November 2023 ini mengangkat tema “Martabat Manusia dan Su­premasi Hukum untuk Masyara­kat yang Damai dan Inklusif”.

Baca juga : Bojan Kecewa Persib Tertahan Di Kandang

“Konferensi ini bertujuan meningkatkan kesadaran publik tentang pentingnya kolaborasi umat beragama yang dilan­dasi rasa saling menghormati di antara perbedaan budaya yang ada,” tuturnya.

Yasonna mengatakan, literasi keagamaan antarbudaya di tengah masyarakat dunia semakin dibutuhkan. Soalnya, masyarakat kian beragam serta saling terkoneksi satu sama lain.

“Kami ingin meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia mengenai pentingnya kolaborasi multipihak yang didasari oleh rasa saling menghargai antarumat beragama,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.