Dark/Light Mode

Dubes Kazakhstan Siap Genjot Kerja Sama Perdagangan Dan Investasi

Sabtu, 9 Desember 2023 05:07 WIB
Duta Besar Kazakhstan untuk Indonesia Serzhan Abdykarimov. (Foto Kedubes Kazakhstan Jakarta)
Duta Besar Kazakhstan untuk Indonesia Serzhan Abdykarimov. (Foto Kedubes Kazakhstan Jakarta)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Kazakhstan untuk Indonesia, Serzhan Abdykarimov menyerahkan Surat Kepercayaan kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (8/12/2023). Mengenakan setelan jas dengan dasi biru, Abdykarimov menyerahkan surat kepada Presiden RI, setelah giliran Dubes Kamboja untuk Indonesia, Tean Samnang.

Ada 10 Dubes yang menyerahkan surat kepercayaan pada Jumat kemarin, selain Abdykarimov dan Samnang. Yakni Dubes Denmark Sten Frimodt Nielsen, Dubes Rwanda Sheikh Abdul Karim Harelimana, Dubes Pakistan Ameer Khurram Rathore, dan Dubes Chile Mario Ignacio Artaza Loyola.

Lalu, Dubes Laos Khamfeuang Phantaxay, Dubes Kanada Jess Dutton, Dubes Yordania Sudqi Atallah Abdel Qader Al Omoush dan Dubes Angola Florencio Mariano.

Baca juga : Kementerian LHK-PMI Kerja Sama Penanaman Pohon

Pada sambutannya, Dubes Abdykarimov menegaskan komitmen Kazakhstan meningkatkan kerja sama dengan Indonesia.

“Tahun ini kita merayakan hubungan 30 tahun. Jadi pembentukan hubungan diplomatik kita sudah banyak dilakukan dan kita menyaksikan kemajuan yang baik dan besar. Namun masih banyak yang harus dilakukan agar hubungan kita bisa lebih bermakna,” kata Dubes yang pernah bertugas di Azerbaijan itu.

Dia menegaskan, Kazakhstan dan Indonesia perlu melakukan lebih banyak perdagangan, investasi, dan kontak bisnis antara sesama warga. Termasuk perlunya menempatkan komisi antar Pemerintah untuk konsultasi politik, termasuk antar Kementerian Luar Legeri dan delegasi bisnis.

Baca juga : Indonesia Dan Belgia Tingkatkan Kerja Sama Di Bidang Penanggulangan Terorisme

“Kami ingin membentuk Dewan Bisnis dengan Kadin Indonesia, untuk membuka perdagangan langsung antara Kazakhstan dan Jakarta dan banyak hal lain yang harus dilakukan,” tuturnya.

Pada 6 Desember lalu, Kedubes Kazakhstan menyelenggarakan diskusi yang dihadiri perwakilan lembaga Pemerintah, kalangan akademis dan pakar, serta media di Indonesia. Tujuan diskusi ini menyampaikan visi Kazakhstan di bawah program pemerintahan Presiden Kassym-Jomart Tokayev.

“Di bawah program pemilu ‘Kazakhstan Adil untuk semua’ Presiden Tokayev, Pemerintah Kazakhstan tidak hanya berfokus pada infrastruktur dan pertumbuhan ekonomi. Tapi juga berkomitmen memastikan pembangunan ini bermanfaat bagi setiap segmen masyarakat Kazakhstan,” pungkas Abdykarimov.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.