Dark/Light Mode

Menkes Kukuhkan Tenaga Cadangan Kesehatan Tipe 2, Targetkan Sertifikasi WHO

Selasa, 5 Desember 2023 20:49 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin mengukuhkan Tenaga Cadangan Kesehatan-Emergency Medical Team TCK-EMT tipe 2, di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur, Jakarta Timur, Selasa (5/12/2023). (Foto: Humas Kemenkes)
Menkes Budi Gunadi Sadikin mengukuhkan Tenaga Cadangan Kesehatan-Emergency Medical Team TCK-EMT tipe 2, di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur, Jakarta Timur, Selasa (5/12/2023). (Foto: Humas Kemenkes)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengukuhkan Tenaga Cadangan Kesehatan-Emergency Medical Team (TCK-EMT) tipe 2, di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur, Jakarta Timur, Selasa (5/12/2023).

Menkes menargetkan TCK-EMT tipe 2 ini mendapatkan sertifikasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO).

"Saya berharap agar latihan ini kita susun, kita lakukan dengan satu target. Targetnya adalah dalam waktu secepat mungkin tim tenaga cadangan kesehatan (TCK-EMT) Indonesia bisa disetujui oleh WHO masuk ke tipe 2," ujarnya, di lokasi acara.

Sebelumnya, Kemenkes telah mengukuhkan TCK-EMT tipe 1. Tim tersebut telah diterjunkan pada bencana alam di Turki.

Sayangnya, TCK-EMT tipe 1 hanya boleh melakukan bantuan yang sifatnya pertolongan pertama dan melayani perawatan pasien ringan.

TCK-EMT tipe 1 tidak boleh melakukan tindakan operasi sebagaimana standar yang ditetapkan oleh WHO.

TCK-EMT dapat melakukan tindakan operasi jika sudah tipe 2. Karena itu, Menkes Budi mengukuhkan TCK-EMT Tipe 2 Indonesia ini dengan target mendapatkan sertifikasi dari WHO.

Dengan demikian, bantuan kesehatan yang diberikan oleh Indonesia pada korban bencana alam dapat lebih maksimal.

Baca juga : Benny Sesalkan Penyitaan Barang-barang PMI Terus Terjadi

"Ada 10 negara yang sudah masuk tipe 2 untuk tim cadangan kesehatannya. Jadi, saya titip ke teman-teman sekalian, ayo bangsa kita itu bangsa besar, penduduknya nomor 4 terbanyak di dunia dan harus bisa menjadi bagian dari negara yang mempunyai TCK-EMT Tipe 2," ucap Menkes Budi.

Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes Sumarjaya mengatakan, Tenaga Cadangan Kesehatan ini bukan seperti pemain bola.

Melainkan, tenaga inti yang disebarkan ke tempat lain ketika terjadi bencana dan kapasitas tempat yang ada tidak memadai.

Menurut standar WHO ada 4 tipe TCK-EMT. Kemenkes sudah mengukuhkan TCK-EMT Tipe 1 fixed dan mobile di 11 regional yang ada di Indonesia pada Mei 2023.

Untuk TCK-EMT tipe 2, dari 166 negara, hanya 10 negara yang mempunyai TCK-EMT tipe 2 tersertifikasi oleh WHO.

"Nah, kita mudah-mudahan, ini semangat kita mau membuat TCK-EMT tipe 2," tutur Sumarjaya.

Setelah pelatihan dan pengukuhan ini, TCK-EMT Tipe 2 akan didampingi oleh WHO untuk mendapatkan sertifikasi.

TCK-EMT Tipe 2 ini diperkuat oleh 90 orang yang terdiri atas farmasi, ortopedi, bedah, penyakit dalam, dan anak, serta semuanya sesuai dengan standar WHO.

Baca juga : Atasi Minimnya Tenaga Kerja Konstruksi Tersertifikasi, HIPTASI Gandeng APTISI

Berikut tipe EMT sesuai dengan kualifikasi dan kompetensi berdasarkan jenis layanan kesehatan yang diberikan:

1. EMT Tipe 1 Bergerak (Mobile)

Melakukan pelayanan medis dasar, rawat jalan, dan kegawatdaruratan secara mobile serta melakukan rujukan.

2. EMT Tipe 1 Menetap (Fixed)

Melakukan pelayanan medis dasar rawat jalan dan kegawatdaruratan yang bersifat menetap di satu lokasi serta melakukan rujukan.

3. EMT Tipe 2

Melakukan pelayanan EMT Tipe 1 dengan dukungan pelayanan rawat inap, pelayanan bedah umum, penanganan kasus kegawatdaruratan (emergensi), penanganan cedera/trauma, pelayanan bedah kebidanan dan pelayanan spesialis lain disesuaikan dengan kejadian bencana serta ditambahkan pelayanan rujukan.

4. EMT Tipe 3

Baca juga : SIM Keliling Tangerang Kota Kamis 23 November, Cek Di Sini Lokasinya

Melakukan pelayanan EMT Tipe 2 ditambah pelayanan perawatan intensif dan rujukan lanjutan.

5. EMT Specialist Care Team

Tim perawatan khusus tambahan yang terdiri dari spesialis tertentu yang dapat ditugaskan di fasilitas kesehatan lokal atau bergabung ke dalam EMT Tipe 2 atau Tipe 3 atau tempat penugasan lain sesuai kebutuhan.

Pelayanan spesialis tersebut dapat berupa spesialis wabah/penyakit infeksi, bedah, ortopedi, anestesi, emergensi medis, rehabilitasi medis, dan kesehatan jiwa.

Lalu penyakit dalam, obstetri dan ginekologi, pediatri, neonatologi (bayi baru lahir), radiologi, perawatan luka, dan penanganan luka bakar.

Kemudian, Disaster Victim Identification (DVI), dialisis, evakuasi medis, atau terdiri gabungan beberapa spesialis (interdisipliner).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.