Dark/Light Mode

Sesjen Kemendikbudristek Terima Penghargaan Dari Universitas Di Australia

Selasa, 28 November 2023 21:57 WIB
Sesjen Kemendikbusristek Suharti (Foto: Kemendikbusristek)
Sesjen Kemendikbusristek Suharti (Foto: Kemendikbusristek)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Sesjen Kemendikbudristek) Suharti, menerima penghargaan sebagai International Alumni of the Year 2023 dari Australian National University (ANU) di Canberra.

Penghargaan tersebut diberikan atas peran Suharti dalam pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, dan kesejahteraan sosial, di samping dalam mendukung penerapan perencanaan berbasis data, serta perencanaan dan penganggaran yang responsif gender.

“Penghargaan ini juga diberikan karena peran saya dalam penanganan pandemi Covid-19 di Jakarta,” kata Sesjen Suharti usai menerima penghargaan di Canberra, seperti keterangan yang diterima RM.id, Selasa (28/11/2203).

Dalam kesempatan tersebut, Suharti menyampaikan bahwa pengetahuan dan keterampilan yang ia dapatkan selama belajar di ANU telah memberikan landasan dia bekerja dan menjadi bekal perjalanan kariernya.

Baca juga : Livienne Russellia Terima Penghargaan Global Women Empowerment Summit

Sesjen Suharti pernah menduduki posisi sebagai Direktur Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak di Bappenas, lalu Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri Kemendikbud.

Kemudian, Deputi Gubernur DKI Jakarta bidang Pengendalian Kependudukan dan Pemukiman, dan saat ini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek.

Suharti menambahkan, di balik semua kesuksesan yang diraih hingga saat ini, ia tidak bekerja sendiri.

Ada dukungan yang luar biasa dari supervisor dan advisor, pimpinan, kolega, dan para staf yang bekerja dengannya, serta keluarga, dan anak laki-laki semata wayangnya. 

Baca juga : Diluruskan Kemenkeu: Yang Dapat Penghargaan Bukan Firli Bahuri, Tapi Stranas PK

Serta, para sahabat baik yang selalu membersamainya.

Untuk itu, kepada merekalah penghargaan tersebut didedikasikan.

Penghargaan yang diberikan oleh ANU, lanjut Suharti, memberi dorongan kepadanya untuk bekerja dengan lebih baik.

Suharti diusulkan sebagai penerima penghargaan oleh banyak pihak termasuk School of Demography, tempat ia menimba ilmu untuk program doktoral di ANU, pihak-pihak di Indonesia yang pernah bekerja sama, dan komunitas alumni yang melihat  komitmen Suharti dalam bekerja untuk Pemerintah Indonesia.

Baca juga : BNPT Terima Penghargaan Anugerah Reksa Bandha 2023

Penghargaan ini diserahkan oleh Julie Bishop sebagai Chancellor ANU, yang sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Australia periode 2013-2018.

Penetapan penerima penghargaan dilakukan melalui seleksi yang ketat dengan mempertimbangkan pertama, bukti dan skala dampaknya, serta kontribusi nyata yang dimiliki calon dalam profesi, komunitas, atau bidang keahliannya.

Kedua, pelayanan, bukti bahwa calon berkomitmen untuk memperbaiki kehidupan orang lain di komunitasnya atau masyarakat secara umum melalui profesi yang dijalani atau sukarela.

Ketiga, pengaruh ANU terhadap karier dan prestasi calon, serta contoh bagaimana calon tetap terlibat dalam komunitas universitas.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.