Dark/Light Mode

Dubes RI Untuk Jepang Heri Akhmadi Saksikan MoU Pembangunan RS Harapan Kita

Kamis, 14 Desember 2023 06:02 WIB
Dubes Heri Akhmadi (kedua kanan duduk) saat menghadiri penandatanganan MoU antara RS Harapan dan TMC di Tokyo, Jepang, Senin (11/12/2023).
Dubes Heri Akhmadi (kedua kanan duduk) saat menghadiri penandatanganan MoU antara RS Harapan dan TMC di Tokyo, Jepang, Senin (11/12/2023).

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Jepang, Heri Akhmadi dan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, menyaksikan penandatangan Memorandum Understanding (MoU) antara Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPDHK) dengan Tokushukai Medical Corporation (TMC), Jepang, berupa bantuan sebesar 10 miliar Yen (Rp 1 triliun) pada Senin (11/12/2023) malam.

MoU ini ditandatangani Direktur Utama RSJPD Harapan Kita, Iwan Dakota dan CEO Tokushukai Medical Group, Shinichi Higashiue di Tokyo, Jepang. Kedua pihak sepakat memperkuat kerja sama dalam bentuk pembangunan gedung baru, yang akan dinamakan Harapan Kita-Tokushukai Cardiovascular Center Building.

Baca juga : RI-Jepang Perluas Layanan Kardiovaskular Di RS Jantung Harapan Kita

 Budi Gunadi menyatakan, donasi dari TMC akan digunakan untuk membangun gedung baru 24 lantai di RJPDHK, yang terdiri dari 20 lantai gedung layanan, 2 lantai basement, 1 lantai mechanical, electrical dan plumbing dan 1 lantai helipad.

Dalam keterangan tertulis KBRI Tokyo, Selasa (12/12/2023), Dubes Heri berharap, bantuan tersebut dapat semakin meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat serta Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga kesehatan di Indonesia. Ia memandang pentingnya kerja sama peningkatan pelayanan kardiovaskular, yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan, baik di tingkat Pemerintah maupun sektor swasta.

Baca juga : Dubes UE Denis Chaibi Komit Perkuat Kerja Sama Dengan RI Dan ASEAN

“MoU ini merupakan bukti kolaborasi tersebut. Saya harap sumbangan yang diberikan dapat dimanfaatkan untuk memastikan peningkatan pelayanan bagi ma￾syarakat,” ujarnya.

Direktur Utama RSJPD Harapan Kita, Iwan Dakota menambahkan, selain bantuan pembangunan gedung, juga akan dilakukan kerja sama untuk tenaga dokter ahli jantung serta hibah peralatan dan perlengkapan kesehatan. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.