Dark/Light Mode

Dubes RI Untuk Kamboja Santo Darmosumarto Silaturahmi Dengan Gubernur Phnom Penh

Sabtu, 16 Desember 2023 07:11 WIB
Dubes Santo Darmosumanto (kiri) bersama Gubernur Phnom Penh Khuong Sreng, di Kamboja, Kamis (14/12/2023). (Foto KBRI Phnom Penh)
Dubes Santo Darmosumanto (kiri) bersama Gubernur Phnom Penh Khuong Sreng, di Kamboja, Kamis (14/12/2023). (Foto KBRI Phnom Penh)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Kamboja Santo Darmosumarto bersilaturahmi dengan Gubernur Phnom Penh, Khuong Sreng, Kamis (14/12/2023). Dubes Santo menyampaikan apresiasi dukungan dan kerja sama Pemerintah Provinsi Phnom Penh dalam memperkuat kemitraan Indonesia-Kamboja.

“Dukungan ini terlihat saat penyelenggaraan kunjungan Presi￾den Jokowi untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2022,” ujar Dubes Santo dalam keterangan tertulisnya, Jumat (15/12/2023).

Baca juga : Maciej Gajos Siap Tutup Tahun Dengan Kemenangan

Dubes Santo juga berterimakasih atas layanan dan pelindungan WNI selama ini di Phnom Penh, yang berjumlah sekitar 3.000 jiwa. Selain itu, Dubes Santo membahas mengenai persiapan pelaksanaan pemilihan umum tahun depan di Indonesia.

“Kami akan melaksanakan pemungutan suara pada Februari. Jadi, kami meminta izin dan kerja sama Pemerintah Provinsi Phnom Penh demi kelancaran pelaksanaan pemilihan di KBRI Phnom Penh,” kata Dubes Santo.

Baca juga : Dubes Malaysia Hasrin Tengku Hussin Jalin Silaturahmi Dengan Media Tanah Air

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Khuong Sreng mengungkapkan penghargaan atas peran besar Indonesia dalam mendukung kemerdekaan Kamboja dan mengakhiri konflik di negaranya, antara lain melalui penyelenggaraan Jakarta Informal Meeting I dan II.

Apresiasi tersebut ditunjukkan dengan pemberian dua nama jalan di Phnom Penh, yaitu Jalan Soekarno dan Jalan Ali Alatas. Sang Gubernur menyampaikan harapan agar kedua nama jalan tersebut diresmikan.

Baca juga : Muzani Hingga Gibran Silaturahmi Dengan Habib Jindan Dan Habib Ali Kwitang

Lebih lanjut, Dubes Santo menyampaikan pentingnya peningkatan kerja sama antar Pemerintah Daerah, yang ditandai dengan penandatanganan Letter of Intent (LOI) antara Pemerintah Provinsi Phnom Penh dengan Sumatera Barat. Harapan kedua belah pihak, agar wacana kerja sama ini dapat dikonkretkan dalam bentuk nota kesepahaman guna memberikan kerangka hukum bagi pengembangan kerja sama di bidang pariwisata dan sosial budaya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.