Dark/Light Mode

Dubes Malaysia Hasrin Tengku Hussin Jalin Silaturahmi Dengan Media Tanah Air

Rabu, 6 Desember 2023 00:39 WIB
Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Mohamad Hasrin Tengku Hussin. (Foto Larasati Dyah Utami/Rakyat Merdeka/RM.id)
Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Mohamad Hasrin Tengku Hussin. (Foto Larasati Dyah Utami/Rakyat Merdeka/RM.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar (Kedubes) Malaysia di Indonesia menyelenggarakan Majelis Ramah Mesra Bersama Media, Selasa (5/12/2023). Acara ini diselenggarakan di Penang Bistro Jakarta, dalam rangka menjalin silaturahmi dengan media Indonesia.

Acara dibuka Dubes Malaysia untuk Indonesia, Mohamad Hasrin Tengku Hussin. Dubes Hasrin membuka acara dengan melontarkan pantun.

“Bulan menyapa di langit malam. Bersinar terang sampai melayang. Izinkan saya membuka dengan Bismillah jelang membuka acara,” kata Dubes Malaysia untuk Uni Emirat Arab pada 2017-2019 ini, yang disambut tawa para tamu.

Baca juga : Ikuti Senam Sehat, Caleg PPP Sintawati Silaturahmi Dengan Warga Jaksel

Acara berlangsung santai. Dubes Hasrin mengatakan, media penting untuk kedutaan asing. Begitu juga dengan Kedubes Malaysia.

“Diplomasi membutuhkan networking yang baik dengan para stakeholder. Supaya hubungan Malaysia dan Indonesia terus merapat, dan melanjutkan hubungan yang sudah sekian lama terjalin,” terangnya.

Hubungan diplomatik Indonesia dan Malaysia terjalin sejak 1957, atau selama 66 tahun. Dubes Hasrin berharap, kerja sama terus berlanjut agar memberikan manfaat dan kemakmuran bagi masyarakat kedua negara.

Baca juga : Dubes Pakistan Ingin Jiplak Sukses NU Dan Muhammadiyah

Pada kesempatan yang sama, Hasrin menyinggung kerja sama investasi kedua negara. Menurutnya, investasi Malaysia adalah nomor 5 di Indonesia. Namun, investasi dari Indonesia tidak terlalu besar ke Malaysia. Hal itu, lanjut Hasrin, menjadi tantangan baginya dan tim di Kedubes Malaysia di Indonesia.

Mengenai kunjungan turis, tahun lalu, sebanyak 1,4 juta orang Indonesia telah berkunjung ke Malaysia. Angka itu menurun dibanding 2019, ada 3 juta lebih orang Indonesia berkunjung ke negeri jiran itu.

Pandemi Covid-19 menjadi salah satu faktor turunnya jumlah wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Malaysia. Kedubes Malaysia akan terus berupaya meningkatkan kunjungan wisatawan Indonesia ke negaranya.

Baca juga : Ribuan Siswa Padati Lapangan Utama Nur Hikmah

“Kami harap tahun ini, kalau lebih, alhamdulillah. Kalau tidak, 1,4 juta pun sudah bagus,” ujarnya.

Di akhir acara, Dubes Hasrin melangsungkan sesi foto bersama dengan perwakilan media serta staf Kedubes Malaysia yang hadir. Acara ditutup dengan hidangan khas dari kedua negara. Ada roti canai dan kari khas Malaysia, gurame kukus, ayam goreng mentega, hingga es cendol. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.