Dark/Light Mode

Dubes Iran Mohammad Boroujerdi Rayakan Malam Yalda Bersama Diaspora

Sabtu, 23 Desember 2023 06:10 WIB
Duta Besar Iran Mohammad Boroujerdi berpidato dalam acara Festival Malam Yalda, di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (21/12/23). (Foto Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka/RM.id)
Duta Besar Iran Mohammad Boroujerdi berpidato dalam acara Festival Malam Yalda, di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (21/12/23). (Foto Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka/RM.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Iran di Jakarta menggelar perayaan Malam Yalda untuk mempromosikan keramahtamahan dan kekeluargaan.

Berlangsung di Ballroom Sumba, Hotel Borobudur, Ja­­karta, ham­paran karpet dan ornamen­ bunga terlihat­ menghiasi lantai­ ruangan yang tengah di­guna­kan untuk mem­peringati­ Ma­lam Yalda. Perayaan ini diadakan untuk menikmati malam terpanjang dalam setahun, yang biasanya di­adakan setiap 21 Desember.

Festival itu dirayakan di Iran dan di sejumlah wilayah lain yang secara historis dipenga­ruhi Iran. Di Jakarta, selain diaspora Iran, perayaan juga dihadiri beberapa duta besar negara sahabat, perwakilan kementerian Indonesia hingga akademisi.

Baca juga : Dubes Kazakhstan Serzhan Abdykarimov Sambut Kota Kembar Astana Dan IKN Nusantara

Menurut Duta Besar (Du­bes) Iran untuk Indonesia Mohammad Boroujerdi, Malam Yalda biasanya diisi dengan pembacaan Al Quran, ang­got­a keluarga yang paling tua­ membacakan syair-syair, Shah­nameh (Book of Kings), men­ceritakan dongeng serta puisi­ karya Hafez. Mereka juga menikmati berbagai ma­cam hidangan khas. Buah-buah­ khusus yang disajikan pada Malam Yalda seperti semangka, anggur, delima dan apel.

“Sebuah kehormatan untuk menjamu Anda pada kesem­pa­tan penting pertemuan budaya Iran ini, yang dinamai Ma­lam yang mempromosikan ke­ramahtamahan dan kekeluar­gaan,” ujar jelas Dubes Boroujerdi saat membuka perayaan Malam Yalda.

Memeriahkan acara, banyak su­guhan budaya yang dipersembahkan tuan rumah untuk para tamu. Selain kese­nian seperti lantunan lagu Iran, ada juga penampilan tari Saman dari Aceh dan pembacaan puisi dari penyair Besar Iran, Hafez.

Baca juga : Kapolri Dan Panglima TNI Gelorakan Pemilu Damai Di Papua

Dalam perayaan Malam Yalda kali ini, turut hadir Wa­k­il Presiden Iran Urusan Pe­rempuan dan Keluarga, Ensieh Khazali. Dia menyampaikan rasa bahagianya bisa hadir dalam perayaan Malam Yalda di Ja­karta.

Menurutnya suasana perayaan Yalda di sini cukup berbeda, karena tidak hanya menyajikan penampilan musik khas Iran, tetapi juga terdapat penampilan tradisi khas Indonesia­, yakni tari Saman.

“Saya benar-benar menik­mati perayaan Malam Yalda di Jakarta,” ujarnya.

Baca juga : Erwin Aksa Rayakan HUT Ke-48 Bersama Relawan Di Senayan

Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Restu Gunawan juga hadir mewakili Menteri Nadiem Makarim. Restu menyebut kehadiran tari Saman dalam Festival Yalda merupakan bagian dari per­tukaran kebudayaan yang menjadi tonggak penting dalam mempersatukan kedua negara.

“Pertukaran ini menunjukkan komitmen kita untuk me­lestarikan dan mempromosi­kan beragam warisan yang menyatukan bangsa kita,” pungkasnya. 

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.