Dark/Light Mode

Keras, Aliansi Mahasiswa Solo Raya Unjuk Rasa Tolak Politik Dinasti

Jumat, 3 November 2023 22:23 WIB
Puluhan mahasiswa di Solo, Jawa Tengah Jateng yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Solo Raya Menggugat turun ke jalan menggelar aksi demonstrasi untuk menolak politik dinasti Presiden Jokowi di Bundaran Gladag, Jalan Slamet Riyadi, Solo, Jateng, Jumat (3/11/2023). (Foto: Ist)
Puluhan mahasiswa di Solo, Jawa Tengah Jateng yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Solo Raya Menggugat turun ke jalan menggelar aksi demonstrasi untuk menolak politik dinasti Presiden Jokowi di Bundaran Gladag, Jalan Slamet Riyadi, Solo, Jateng, Jumat (3/11/2023). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Puluhan mahasiswa di Solo, Jawa Tengah (Jateng) yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Solo Raya Menggugat turun ke jalan menggelar aksi demonstrasi untuk menolak politik dinasti Presiden Jokowi di Bundaran Gladag, Jalan Slamet Riyadi, Solo, Jateng, pada Jumat (3/11/2023).

Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (BEM UNS) Helmy Asidiqi mengatakan pihaknya mengkritik praktik politik dinasti Jokowi.

"Kami menyuarakan bersama-sama terkait penolakan akan politik dinasti, putusan Mahkamah Konstitusi soal batas usia capres-cawapres, sekaligus kinerja presiden Jokowi yang kami nilai gagal dalam menjalankan perannya sebagai kepala negara," ucapnya 

Menurut Helmy, Jokowi baik dan bagus sebagai kepala keluarga, tetapi buruk sebagai kepala negara. Jokowi mampu mengantarkan anaknya, Gibran Rakabuming Raka, menjadi wali kota Solo dan kini sebagai calon wakil presiden (cawapres).

Baca juga : Gandeng Baznas, Syafana Islamic School Serahkan Dana Ratusan Juta Untuk Rakyat Palestina

Kemudian, mantunya, Bobby Nasution, untuk menjadi wali kota Medan, lalu mengantarkan anaknya, Kaesang Pangarep, untuk menjadi ketua partai.

"Jokowi berhasil mengantarkan anaknya (Gibran Rakabuming Raka) menjadi calon wakil presiden Indonesia. Maka, Kami nilai Jokowi jadi kepala keluarga yang baik. Akan tetapi, Jokowi telah menjadi kepala negara yang buruk," ungkap Helmy.

Sekitar 50 mahasiswa dari sejumlah kampus di Solo Raya yang menggelar aksi demonstrasi ini menentang keras praktik politik dinasti yang diduga kuat dilakukan Presiden Jokowi setelah gagal memuluskan isu tiga periode.

Dengan menjadikan keluarganya menduduki sejumlah jabatan, Jokowi dinilai terang-terangan menggunakan kekuasaannya untuk melanggengkan kekuasaan.

Baca juga : Kemenkumham Himpun Masukan Untuk Pembaruan Aturan Tindak Pidana Korupsi

"Maka dari itu, Pak Jokowi perlu mengetahui bahwa Indonesia adalah negara hukum, bukan negara kekuasaan. Jangan gunakan hukum untuk memperawet kekuasaan. Dan jangan gunakan kekuasaan untuk mengutak-atik hukum," ujarnya di sela-sela demo.

Sementara itu, Ketua BEM KM Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta Raafila Anbiya mengatakan pihaknya mengingatkan Jokow agar tidak mempermainkan aturan negara untuk kepentingan politiknya.

"Negara bukan untuk main-main satu keluarga. Jangan sampai politik dinasti, jangan sampai aturan-aturan negara dipermainkan oleh satu keluarga," ungkapnya.

Raafila mengatakan aksi unjuk rasa hari ini sebagai wujud inklusivitas mahasiswa dalam sebuah gerakan untuk menyuarakan bersama apa yang harus dievaluasi saat ini.

Baca juga : Nilai Dinasti Politik Rusak Demokrasi, Aliansi Mahasiswa Jambi Unjuk Rasa Tolak Putusan MK

"Dan bagaimana komitmen Jokowi untuk menyelesaikan janji-janjinya semasa kampanye dan menjabat," ujarnya.

Selain politik dinasti, aksi yang mengusung tema Orba Jilid 2 ini mengkritik persoalan pendidikan mahal, tindakan represif aparat keamanan, hukum yang tajam ke bawah, tumpul ke atas, hingga kesejahteraan rakyat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.