Dark/Light Mode

Kapolri Dan Panglima TNI Gelorakan Pemilu Damai Di Papua

Jumat, 8 Desember 2023 20:25 WIB
Foto: Divhumas Polri
Foto: Divhumas Polri

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto terus berkeliling untuk sama-sama mewujudkan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang damai, aman dan lancar.

Kali ini, seruan sinergisitas pimpinan lembaga TNI dan Polri tersebut disampaikan dalam kegiatan kunjungan kerja (kunker) ke Papua, pada Jumat (8/12/2023).

Deklarasi dukungan Pemilu Damai itu juga diikuti oleh 42 orang peserta dari tokoh agama, tokoh masyarakat, organisasi kepemudaan, dan penyelenggara Pemilu.

Di antaranya, tokoh adat Papua/kepala suku Keerom Herman Yoku, tokoh agama Islam Papua Ustaz Saiful Islam Alpayage, Komisioner KPU Provinsi Papua Tengah Oktovianus Takimai, Komisioner KPU Provinsi Papua Selatan Alson Markus Kambu.

Kemudian, Anggota Bawaslu Provinsi Papua Selatan Ahmad Muhazir, Ketua KPU Provinsi Papua Pegunungan Daniel Jingga, Ketua Bawaslu Provinsi Papua Pegunungan Ferdy Wamo, Ketua KPU Provinsi Papua Steve Dumbon, dan Ketua Bawaslu Provinsi Papua Hardin Halidin.

Sigit menegaskan, TNI-Polri bersama seluruh stakeholder terus menggelorakan agar Pemilu 2024 berjalan aman dan lancar.

Baca juga : Indonesia Dan Belgia Tingkatkan Kerja Sama Di Bidang Penanggulangan Terorisme

"Di mana-mana kita selalu mengawal, menyerukan, dan menyaksikan bersama masyarakat serta KPUD, Bawaslu menyelenggarakan komitmen Pemilu damai. Saya kira ini menjadi penting dan harus terus digelorakan sehingga Pemilu berjalan aman dan tertib," kata Sigit.

Mantan Kabareskrim Polri ini menilai, perbedaan dalam pesta demokrasi adalah hal yang lumrah. Menurutnya, seluruh masyarakat bebas menentukan pilihannya.

Namun, ditegaskan Sigit, dalam Pemilu 2024 semua pihak harus mengutamakan, mengawal serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

"Sehingga ke depan apa yang menjadi tujuan nasional dan cita-cita bangsa semuanya bisa berjalan aman, lancar dan sesuai harapan rakyat," ujarnya.

Adapun, narasi komitmen bersama pemilu damai adalah mendukung dan membantu jajaran TNI/Polri dalam menjaga keamanan serta menyukseskan gelaran Pemilu 2024 yang aman dan damai.

Kemudian, menjaga persatuan dan kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca juga : Kapolri Tekankan Sinergisitas TNI-Polri Amankan Pemilu Hingga Bencana Alam

Serta, menolak segala bentuk upaya provokasi yang dapat memecah belah persaudaraan serta tindakan yang mencederai pesta demokrasi, dan bersama-sama menangkal berita hoax dan ujaran kebencian yang dapat mengganggu jalannya Pemilu 2024.

Sementara itu, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memiliki harapan yang sama. Ia ingin Pemilu 2024 berjalan dengan lancar, aman dan damai.

Untuk itu, Agus menegaskan akan terus berkolaborasi dengan Polri dan stakeholder terkait mewujudkan hal tersebut.

"Kita berharap pelaksanaan Pemilu di Papua dan daerah lainnya berjalan lancar. Kita akan bantu dari distribusi sampai pengamanan di TPS. Tentunya kita berkolaborasi dengan Polri, Bawaslu dan KPU yang ada di wilayah," ucapnya.

Selain deklarasi Pemilu damai, Panglima TNI dan Kapolri menghadiri kegiatan bakti kesehatan di Lapangan Lantamal X Jayapura.

Bakti kesehatan ini ditargetkan untuk 1.000 orang. Adapun jenis-jenis layanan yang diberikan adalah layanan dokter spesialis mata, layanan dokter spesialis penyakit dalam, layanan dokter spesialis THT, layanan dokter umum, layanan dokter gigi, medical check-up, layanan sederhana, dan donor darah.

Baca juga : Mentan Dan Panglima TNI Teken MoU Optimasi Lahan Tidur

Tenaga kesehatan yang dilibatkan berasal dari TNI AD, TNI AL, TNI AU, Polri, PMI, dan mahasiswa, dengan total tenaga kesehatan sebanyak 59 orang.

Tak hanya itu, diselenggarakan juga kegiatan bakti sosial dengan menyerahkan 1.000 paket sembako kepada masyarakat.

Paket tersebut berisi beras, mie instan, minyak goreng, kopi, teh, gula pasir, tepung, dan mentega.

Pemberian bansos dilakukan secara simbolis oleh Panglima TNI dan Kapolri.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.