Dark/Light Mode

83 Hari, 825 Kendaraan Tempur Israel Musnah

Perlawanan Hamas Masih Sengit

Minggu, 31 Desember 2023 11:55 WIB
Tangkapan layar tank Merkava Israel [seharga 3,5 juta dolar AS atau sekitar Rp 53,5 miliar per unit] yang terbakar setelah diserang senjata anti-tank Al-Yassin 105.
Tangkapan layar tank Merkava Israel [seharga 3,5 juta dolar AS atau sekitar Rp 53,5 miliar per unit] yang terbakar setelah diserang senjata anti-tank Al-Yassin 105.

RM.id  Rakyat Merdeka - Perlawanan Hamas, melalui sayap militernya, Brigade (Kataa-ib) Al-Qassam, masih sengit. Bahkan, dikutip dari Al Jazeera, menurut Abu Ubaidah, Juru Bicara Militer Brigade Al-Qassam, 825 kendaraan Israel berhasil mereka musnahkan dalam tempo 83 hari!

Berikut update perlawanan Hamas hingga Sabtu (30/12/2023):

1. Mujahidin Brigade (Kataib) Al-Qassam, sayap militer organisasi Palestina, Hamas, mampu menghancurkan sepenuhnya pengangkut personel Zionis Israel di utara Kamp Pengungsi Bureij di Jalur Gaza tengah dengan senjata “Al-Yassin 105”.

2. Brigade Al-Qassam meledakkan tank Merkvah Zionis dengan senjata anti-tank “Shawaz” di utara Kamp Pengungsi Bureij di Jalur Gaza tengah.

3. Brigade Al-Qassam menargetkan tank Zionis Merkava dengan senjata “Al-Yassin 105” di utara Kamp Pengungsi Bureij di Jalur Gaza tengah.

Baca juga : Survei Kepuasan Mayarakat 2023 : Pelayanan Di PLBN Motamasin Dinilai Baik

4. Setelah mereka kembali dari daerah bentrokan di selatan Kamp Bureij di Jalur Gaza tengah. Mujahidin Al-Qassam melaporkan bahwa mereka menargetkan 2 tank Zionis dan 2 pengangkut pasukan dengan senjata "Al-Yassin 105” dan meledakkan dmenggunakan senjata anti-tank “Shawaz” di tangki ketiga.

Senjata anti-tank “Al-Yassin 105”

5. Bentrokan Mujahidin Al-Qassam dengan Pasukan Khusus Zionis menembus wilayah Sheikh Radwan di Kota Gaza, menewaskan dan melukai lebih dari 20 tentara Zionis Israel.

6. Brigade Al-Qassam menargetkan tank Merkvah Zionis dengan senjata anti-tank “Shawaz” di wilayah Sheikh Radwan Kota Gaza.

7. Brigade Al-Qassam menghancurkan 2 grup kendaraan dan tentara Israel di kota Khan Yunis, selatan Jalur Gaza, dengan mortir.

8. Mujahidin Al-Qassam meledakkan sebuah rumah tempat sejumlah tentara Israel berlindung, membunuh dan melukai mereka di kota Khan Yunis, selatan Jalur Gaza.

Baca juga : Kekuatan Petahana Masih Sulit Digoyang

9. Brigade Al-Qassam menargetkan tank Zionis Merkvah dengan senjata anti-tank “Al-Yassin 105” di daerah Khuza’a, sebelah timur kota Khan Yunis.

10. Mujahidin Qassam menyerang pasukan Zionis yang bersembunyi di sebuah bangunan di daerah Sheikh Ajlin di Kota Gaza dengan peluru anti-benteng TBG.

11. Al-Qassam berhasil menembak seorang tentara Zionis dengan senjata sniper kaliber berat M99 di kawasan Sheikh Ajlin Kota Gaza.

12. Brigade Al-Qassam menyerang 8 tank Zionis dengan peluru “Al-Yassin 105” di wilayah Al-Tuffah dan Al-Daraj di Kota Gaza.

 

Baca juga : Bebas Denda Pajak Kendaraan Bermotor Di Banten Berlaku Sampai 23 Desember

Kosa Kata:

- Mujahidin, kelompok pejuang

- Brigade Izzuddin al-Qassam (Arab: كتائب الشهيد عز الدين القسام. 'Batalyon Syahid Izzuddin al-Qassam'; juga dieja Izzedine atau Ezzedeen Al-Qassam Brigades; sering disingkat Brigade Al-Qassam (IQB atau EQB) atau Izzuddin al-Qassam, adalah sayap militer organisasi Palestina Hamas.

- Hamas (Arab: حماس, Ḥamās, akronim dari Harakat al-Muqawwamatul Islamiyyah حركة المقاومة الاسلامية Ḥarakat al-Muqāwamah al-ʾIslāmiyyah, secara harfiah "Gerakan Perlawanan Islam" dan kata Arab untuk 'ketekunan'), adalah gerakan Islam Sunni dan nasionalisme Palestina yang menentang pendudukan Zionis Israel di wilayah tersebut.

- Shawaz adalah senjata anti-tank, perangkat tempur penembus lapis baja. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.