Dark/Light Mode

Gempa Terkini Magnitudo 4,6 Guncang Labuha, Maluku Utara

Kamis, 21 Desember 2023 05:06 WIB
Ilustrasi pusat gempa Magnitudo 4,6 di Labuha, Maluku Utara, Kamis (21/12). (Foto: BMKG)
Ilustrasi pusat gempa Magnitudo 4,6 di Labuha, Maluku Utara, Kamis (21/12). (Foto: BMKG)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pagi ini, daerah Labuha, Maluku Utara, diguncang gempa bumi dengan magnitudo sebesar 4,6, Kamis 21 Desember 2023, pukul 03:44 WIB.

Pusat gempa terkini berada di koordinat 0.66 lintang selatan dan 126.99 bujur timur, dengan jarak 56 km barat daya dari Labuha. 

Baca juga : Taring KPK Nancap Di Maluku Utara

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat kedalaman gempa ini sekitar 10 km di bawah permukaan laut. Meskipun kedalaman ini dianggap dangkal, gempa tersebut belum menimbulkan peringatan tsunami. 

Hingga saat ini, belum ada laporan resmi terkait kerusakan atau korban akibat gempa ini. Gempa bumi adalah kejadian alam yang kerap melanda wilayah Indonesia, yang berada di Zona Megathrust Pasifik. 

Baca juga : Gelar OTT, KPK Dikabarkan Tangkap Pejabat Maluku Utara

Pemerintah terus berupaya meningkatkan kapasitas mitigasi bencana dan respons cepat terhadap gempa bumi. Selain itu, edukasi kepada masyarakat mengenai tindakan yang benar saat terjadi gempa juga terus diintensifkan.

BMKG terus memantau aktivitas seismik di seluruh wilayah Indonesia, memberikan peringatan dini jika terdapat potensi bencana, dan menyediakan informasi yang akurat kepada masyarakat. 

Baca juga : Gempa M5,2 Guncang Jayapura, Tak Berpotensi Tsunami

Masyarakat di Labuha dan sekitarnya diimbau untuk tetap mengikuti informasi terkini dari sumber yang terpercaya, serta menjalankan langkah-langkah keselamatan yang dianjurkan dalam situasi gempa bumi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.