Dark/Light Mode

Gempa Terkini Magnitudo 3.6 Guncang Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah

Jumat, 22 Desember 2023 07:46 WIB
Ilustrasi pusat gempa di Banggai Kepulangan, Sulawesi Tengah, Jumat (22/12). (Foto: BMKG)
Ilustrasi pusat gempa di Banggai Kepulangan, Sulawesi Tengah, Jumat (22/12). (Foto: BMKG)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa terkini dengan kekuatan magnitudo 3.6 mengguncang wilayah Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah (Sulteng) pukul 07:23 WIB, Jumat (22/12). 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat pusat gempa terletak pada koordinat 0.74 lintang selatan dan 122.36 bujur timur, sekitar 97 kilometer dari arah barat laut Banggai Kepulauan.

Baca juga : Gempa Terkini Magnitudo 4,6 Guncang Labuha, Maluku Utara

Guncangan terjadi pada kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut. Meskipun magnitudonya tergolong kecil, gempa ini tetap perlu diwaspadai sebagai bagian dari kesiapsiagaan.

Sejumlah parameter seperti lokasi, kedalaman, dan magnitudo dapat memberikan gambaran mengenai potensi dampak gempa terhadap wilayah yang terkena.

Baca juga : Gempa M5,2 Guncang Jayapura, Tak Berpotensi Tsunami

Namun, hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa atau kerusakan bangunan akibat gempa tersebut. 

Gempa bumi merupakan peristiwa alam yang tidak dapat diprediksi secara pasti. Oleh karena itu, kerja sama antara pemerintah, lembaga penelitian, dan masyarakat sangat diperlukan untuk membangun ketahanan terhadap gempa dan meminimalkan dampak yang mungkin terjadi.

Baca juga : Gempa Terkini M 5.4 Guncang Maluku Tenggara Barat, Apakah Berpotensi Tsunami?

Peringatan dini BMKG melalui media massa, saluran radio, dan sosial media bertujuan untuk memberikan informasi yang cepat dan akurat kepada masyarakat. 

Upaya ini sejalan dengan komitmen untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kesadaran masyarakat terhadap risiko bencana gempa bumi di wilayah yang rawan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.