Dark/Light Mode

Cuaca Ekstrem Hantui China

Ratusan Juta Orang Nekat Mudik Imlek

Sabtu, 3 Februari 2024 06:40 WIB
Ribuan orang mengantre untuk menaiki kereta api di Zhengzhou, di Provinsi Henan tengah, China, 26 Januari 2024. Mereka mulai mudik menjelang Imlek. Foto: AFP
Ribuan orang mengantre untuk menaiki kereta api di Zhengzhou, di Provinsi Henan tengah, China, 26 Januari 2024. Mereka mulai mudik menjelang Imlek. Foto: AFP

 Sebelumnya 
Di kota Zhengzhou, Pemerin­tah setempat telah membatalkanbeberapa layanan kereta cepatdan memerintahkan kereta beroperasi dengan kecepatan terbatas karena badai salju dan hujan. Setidaknya lima provinsi, termasuk Henan, Hubei, dan Anhui, akan dilanda hujan es, semakin mempersulit perjalanan.

Pada awal 2008, badai salju melanda sebagian China, merusaksaluran listrik serta mem­blokir jalan raya dan jalur kereta api, menyebabkan ratusan ribu turis terdampar. Setidaknya 24 orang tewas, sementara 827.000 orang dievakuasi di 14 provinsi.

Baca juga : Cuaca Besok Jakarta Hujan Atau Panas? Ini Ramalan BMKG, Jumat 2 Februari 2024

China, seperti banyak bagian dunia lainnya, telah mengalami cuaca ekstrem dalam beberapa tahun terakhir. Suhu terendah sepanjang masa di China tercatat pada Januari 2023, ketika kota Jintao di Mohe, Provinsi Hei­longjiang timur laut, mencapai minus 53 derajat Celcius.

Musim panas lalu, China men­catat tahun terpanas sepanjang sejarah dan juga dilanda curah hujan terberat dalam beberapa dekade. Bencana alam itu me­nyebabkan banjir dan kerugian miliaran dolar. DAY

Baca juga : Lautan Massa Sambut Mahfud Dan OSO Di Tasikmalaya

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu, 3 Februari 2024 dengan judul "Cuaca Ekstrem Hantui China, Ratusan Juta Orang Nekat Mudik Imlek"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.