Dark/Light Mode

Sudirman Said: Rizal Ramli Aktivis Dan Pejuang Sejati

Rabu, 3 Januari 2024 12:49 WIB
Sudirman Said, Co-captain Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN). Foto: Istimewa
Sudirman Said, Co-captain Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Sudirman Said, Co-captain Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) bertakziah (melayat) ke rumah duka almarhum Rizal Ramli di Jalan Bangka IX, Jakarta Selatan, Rabu (3/1/2024).

Ekonom senior sekaligus mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli wafat pada Selasa malam (2/1/2023).

Selanjutnya, almarhum Rizal Ramli akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Rabu (3/1/2024).

Baca juga : Mahfud MD: Rizal Ramli Sahabat Berdebat Dan Teman Berjuang

Sudirman Said yang juga mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) periode 2014-2016 ini mengenang sosok almarhum Rizal Ramli.

Menurutnya, almarhum Rizal Ramli merupakan seorang aktivis sejati dan pejuang yang tidak pernah berhenti menyuarakan kebenaran.

Menurutnya, dalam posisi apa pun, baik ketika di dalam maupun di luar pemerintahan, Rizal Ramli selalu konsisten untuk menyampaikan kebenaran dan sesuatu yang diyakininya.

Baca juga : Yusril: Rizal Ramli Sosok Religius

"Beliau seorang pejuang sejati yang terus menyuarakan kebenaran. Kami pernah satu tim dalam Kabinet Pak Joko Widodo [Jokowi], dan satu tim membantu Pak Prabowo dalam Pemilu 2019. Kami saling menghormati dan saling mengisi," kenang Sudirman saat takziah di rumah duka almarhum Rizal Ramli, Rabu (3/1/2024).

Rizal merupakan seorang ekonom senior yang sempat menjabat berbagai posisi strategis di pemerintahan. Terakhir, dia menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman pada 2015-2016.

Rizal Ramli lahir di Padang, Sumatra Barat, 10 Desember 1954. Lulusan S1 Teknik Fisika di Institut Teknologi Bandung (ITB) ini melanjutkan pendidikannya hingga S3 di bidang ekonomi di Boston University, Amerika Serikat.

Baca juga : Debat Cawapres, Gibran Berhasil Yakinkan Pemilih Yang Sempat Ragu

"Kita berdoa almarhum husnul khotimah, beliau orang baik dan mendapatkan akhir yang baik. Allah berikan tempat terbaik di surga, diiringi amal jariyah dan ilmu yang bermanfaat yang terus disampaikannya sampai akhir hayat," tutur Sudirman.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.