Dark/Light Mode

Delegasi Indonesia di OOC 2019 Kunjungi Norwegian Meteorological Institute

Kamis, 24 Oktober 2019 20:01 WIB
Delegasi Indonesia di OOC 2019 saat kunjungi Norwegian Meteorological Institute. (Foto: Dok. Ditjen Hubla)
Delegasi Indonesia di OOC 2019 saat kunjungi Norwegian Meteorological Institute. (Foto: Dok. Ditjen Hubla)

RM.id  Rakyat Merdeka - Delegasi Indonesia di Our Ocean Conference (OOC) 2019 Oslo dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika yaitu Sekretaris Utama, Dwi Budi Sutrisno, dan Kepala Pusat Meteorologi Maritim, Urip Haryoko, melakukan kunjungan ke Norwegian Meteorological Institute (NMI). 

Kunjungan ini dalam rangka studi banding operasionalisasi pelayanan informasi cuaca. Pada kunjungan tersebut delegasi BMKG diterima Director of The Forecasting Department, Bård Fjukstad. 

Baca juga : Di Lebanon, Indonesia Berbagi Pengalaman Menjaga Semangat Pluralisme

Dalam paparannya, Fjukstad, menjelaskan mengenai jaringan observasi di darat, laut serta kutub utara, layanan inofrmasi cuaca kepada stakeholder diantaranya untuk masyarakat umum, perusahaan komersial dan milliter. 

Salah satu layanan yang menarik bagi delegasi BMKG adalah layanan informasi cuaca untuk kegiatan offshore seperti pengeboran minyak (oil platform) dan pendaratan helikopter (helipad) di pulau-pulau kecil. Saat ini BMKG melalui Proyek Strengthening-2 sedang mengembangkan Ocean Forecast System (OFS) atau Sistem Prakiraan Cuaca Maritim untuk keselamatan pelayaran, keselamatan nelayan, mendukung operasional pengeboran minyak lepas pantai (oil platform), mendeteksi sebaran tumpahan minyak (oil spill trajectory) dan peringatan dini untuk banjir rob (coastal inundation forecast system).

Baca juga : Kursus Bahasa Indonesia di KBRI Paris Diminati Para Pegawai dan Manajer

Melalui kunjungan ini, BMKG mendapatkan wawasan baru mengenai layanan informasi cuaca untuk maritim dan ada kesamaan dalam mengembangkan model cuaca untuk maritim. Kunjungan ini akan dilanjutkan dengan pembahasan lanjutan untuk kemungkinan dilakukannya kerjasama teknis antara BMKG dengan Norwegian Meteorological Institute. [USU]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.