Dark/Light Mode

Nenek 81 Tahun Masih Jadi Perawat

Selasa, 20 Februari 2024 06:45 WIB
Perawat Loke Lye Chan sedang memeriksa alat bedah.  Foto: CNA/RAYDZA RAHMAN
Perawat Loke Lye Chan sedang memeriksa alat bedah. Foto: CNA/RAYDZA RAHMAN

RM.id  Rakyat Merdeka - Nenek berusia 81 tahun di Singapura masih setia menjalankan profesinya sebagai perawat. Meski sudah menjadi perawat se­lama enam dekade, wanita yang bernama Loke Lye Chan tidak pernah terpikir untuk pensiun.

Saat ini, Chan bekerja di Singapore General Hos­pital (SGH). Dia sudah bekerja sebagai perawat sejak 1962.

“Jika saya sehat, saya akan terus menjadi perawat,” katanya, dilansir Channel News Asia dalam sebuah wawancara awal bulan Februari ini.

Baca juga : Pasca Pencoblosan, Anies Dan Ganjar Masih Wara-wiri

“Pekerjaan saya sangat profesional dan saya sangat menyukai profesi ini. Jika tidak, saya tidak akan bekerja sampai hari ini,” lanjutnya.

Meskipun dia mencintai pekerjaannya, Chan tidak menampik pekerjaannya ini terkadang berisiko. Baik itu bisa mengancam jiwanya sendiri, hingga meng­hadapi tuntutan hukum, jika tidak bisa menangani pasien dengan baik.

Suatu waktu pernah ada seorang pasien yang mengigau dan mengira Chan orang asing yang mengancam keselamatannya. Pasien itu juga mengancam akan memukul Chan.

Baca juga : Nenek 64 Tahun Jahit Sendiri Tas Mewah Palsu

“Saya berteriak dan lari, tetapi dia mengejar saya. Beruntung rekan-rekan saya datang membantu,” kenangfnya.

November 2023, Chan menerima Penghargaan Pengabdian Panjang (Long Service Award) yang menandai tahun ke-60 ber­sama SGH. Tahun sebe­lumnya, ia dianugerahi Penghargaan Pekerja Teladan May Day dari Kongres Serikat Pekerja Nasional (NTUC) atas upayanya beradaptasi terhadap perubahan produktivitas dan inovasi teknologi di tempat kerja.

Chan tidak pernah men­duga akan mendapatkan penghargaan-penghargaan tersebut. Namun, keduanya menjadi momen paling berkesan dalam kariernya.

Baca juga : Terpisah 81 Tahun Si Kembar Reunian

“Saya merasa sangat senang. Saya tidak pernah mengharapkan ini,” tan­dasnya. LDU

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 14, edisi Selasa, 20 Februari 2024 dengan judul "Nenek 81 Tahun Masih Jadi Perawat"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.