Dark/Light Mode

Menangkan Jagoannya: SBY-JK Sudah Turun, Mega Masih di Jakarta

Minggu, 21 Januari 2024 08:56 WIB
Dari kiri: Susilo Bambang Yudhoyono, Megawati Soekarnoputri, dan Jusuf Kalla. (Foto: Istimewa)
Dari kiri: Susilo Bambang Yudhoyono, Megawati Soekarnoputri, dan Jusuf Kalla. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY dan Jusuf Kalla alias JK mulai turun gunung dengan datang ke daerah-daerah untuk mengkampanyekan Capres-Cawapresnya masing-masing. Sementara Megawati Soekarnoputri baru sekadar memberikan semangat untuk kader dan Capres-Cawapresnya dari Jakarta.

Sejauh ini, Megawati masih sibuk di Jakarta. Ketua Umum PDIP ini terus mengurus partainya dan memberikan motivasi ke Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Prabowo-Mahfud MD. Mega belum terlihat kampanye bareng Ganjar atau Mahfud ke daerah.

Sedangkan SBY dan JK sudah turun gunung. SBY datang ke daerah bersama Capres yang didukungnya, Prabowo Subianto. Demikian juga JK, mendampingi Capres jagoannya, Anies Baswedan, dalam berkampanye di daerah.

SBY turun gunung dengan mendampingi Prabowo saat kampanye di Aceh, 26 Desember 2023. Saat itu, SBY dan Prabowo menghadiri acara silaturahmi dengan ulama dan tokoh masyarakat Aceh.

Baca juga : Siap Menangkan Ganjar-Mahfud, Relawan Buruh Bergerak ke Kawasan Industri Kalsel

Setelah acara itu, keduanya sempat ngopi bareng di MZ Coffee dalam acara konsolidasi bersama beberapa partai pengusungnya. Mereka ditemani tokoh pejuang Gerakan Aceh Merdeka (GAM), Muzakir Manaf.

Sedangkan JK menemani Anies saat kampanye di Sulawesi Selatan (Sulsel), 16 dan 17 Januari ini. Bukan hanya menemani, JK juga mengajak Anies dan istri bermalam di kediaman.

JK lalu mendampingi Anies saat kampanye di Arung Palakka. Saat itu, masyarakat Bone yang datang sangat banyak. Saat pertama tiba di Bandara Arung Palakka, JK dan Anies sampai kesulitan menembus kerumunan massa.

Lantas, kenapa Mega belum mengkampanyekan Ganjar-Mahfud ke daerah seperti SBY dan JK? Politisi senior PDIP Hendrawan Supratikno meminta publik bersabar menunggu aksi Meg. Kata dia, yang terpenting saat ini seluruh komponen PDIP berupaya mengkampanyekan Ganjar-Mahfud.

Baca juga : Berkat SBY dan Indrata Nur Bayuaji, Pacitan Masih Dikuasai Partai Demokrat

"Tunggu tanggal mainnya. Semua jajaran sedang bergerak solid berlapis lapis," ucap Hendrawan, Sabtu (20/1/2024).

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Puan Maharani menegaskan, Mega siap turun langsung ke akar rumput dalam rangka memenangkan Ganjar-Mahfud. Hal itu akan dilakukan Mega saat kampanye akbar nanti.

"Nanti kita jadwalkan. Insya Allah beliau akan hadir di tempat-tempat yang memang rakyat menunggu," ucap putri bungsu Mega ini, di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (14/1/2024).

Saat itu Puan menyatakan, pihaknya masih menunggu pengumuman resmi dari KPU perihal zonasi kampanye terbuka. "Insya Allah kampanye akbar itu akan berjalan dengan baik, lancar, tertib dan semuanya," ucap Ketua DPR ini.

Baca juga : Rangkaian Milad Ke 21 PT Pegadaian Syariah Dengan Program RISALAH Di Kanwil IX Jakarta

Meski Mega belum turun gunung, Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis Agung Baskoro menilai, perannya tetap besar dalam mengkampanyekan Ganjar-Mahfud. Agung melihat, Mega terus memantau pergerakan Ganjar-Mahfud dan tim pemenangan dari belakang layar.

Agung memprediksi, Mega akan turun apabila mesin pemenangan dianggap belum bergerak. "Seperti yang terjadi sekarang, ketika elektabilitas Ganjar-Mahfud masuk dalam tren penurunan setelah disalip Anies-Muhaimin. Jadi, tidak lama Megawati akan turun gunung," analisisnya.

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka, edisi Minggu (21/1/2024), dengan judul “Menangkan Jagoannya: SBY-JK Sudah Turun, Mega Masih di Jakarta”.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.