Dark/Light Mode

Dubes Iwan Bogananta Dorong Investor Bulgaria Jajaki Dunia Pendidikan di Indonesia

Rabu, 21 Februari 2024 08:08 WIB
Dubes Iwan Bogananta kedua kanan saat mengajak delegasi investor Bulgaria mengunjungi the Green School di Bali, Selasa (20/02/2024). (Foto: KBRI Sofia)
Dubes Iwan Bogananta kedua kanan saat mengajak delegasi investor Bulgaria mengunjungi the Green School di Bali, Selasa (20/02/2024). (Foto: KBRI Sofia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka bagian mendukung Indonesia Emas 2045, Duta Besar LBBP RI untuk Bulgaria merangkap Makedonia Utara dan Albania, Iwan Bogananta memfasilitasi kunjungan investor Bulgaria yang tertarik membangun kerja sama di sektor pendidikan.

Dubes Iwan mengatakan bahwa ide tersebut berawal dari perbincangan dengan para pelaku binis, shareholder dan stakeholder di Bulgaria.

Dalam pertemuan itu disampaikan bahwa Indonesia sangat peduli dengan pendidikan dan berupaya untuk memajukan sistem pendidikan guna mencerdaskan kehidupan bangsa menuju Indonesia Emas 2045.

Delegasi investor Bulgaria mengunjungi the Green School di Bali, Selasa (20/02/2024). The Green School ini merupakan yayasan pendidikan berkonsep “hijau’’ bernuansa bambu yang cukup menarik perhatian.

Dalam konsepnya, the Green School lebih mengedepankan pendidikan yang menyatu dengan alam, sosial dan budaya.

Baca juga : Investasi Bakal Deras Masuk Ke Indonesia

Para peserta didik diajak memahami cara berpikir dalam sistem dan mengindentifikasi hubungn antara sosial, budaya dan lingkungan.

“Melihat kontur alam Indonesia yang begitu indah, konsep cerdas seperti ini sedapa mungkin bisa terintegrasi dengan baik dan dikembangkan di seluruh wilayah Indonesia, serta dapat diadopsi bagi semua kalangan”, ujar Dubes Iwan.

Pendiri the Green School Bali, Jhon Hardey dalam pertemuan dengan para delegasi Bulgaria, sangat menyambut baik inisiatif kerja sama tersebut dan berharap para investor turut mendukung mengembangkan sekolah serupa di seluruh Indonesia dan dunia.

Dalam diskusi saat meninjau Bamboo Indah Resort di Ubud, Jhon juga mengangkat makna dari filosofi bambu yang menjadi konsep dasar bangunan.

Menurutnya, bambu memiliki kelenturan dan kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungannya, tanpa kehilangan kekuatan dan durabilitasnya.

Baca juga : MR. DIY Jadi Brand Retail Peringkat Satu Di Indonesia

Presiden Yayasan Kul-Kul, the Green School Bali yang juga merupakan rektor Universitas Ngurah Rai, Ni Putu Tirka Widanti menyambut positif kedatangan para investor Bulgaria.

Dalam keterangannya, Ia sedikit mewarnai terhadap konsep hijau yang merupakan masa depan generasi muda.

“Di sekolah ini adalah tempat berkumpulnya seluruh anak muda dunia dalam membangun komunitas untuk berbagi pengalaman baru," ucap Tirka.

Menurutnya, Green School bertujuan untuk melahirkan generasi pemimpin masa depan dengan kembali mengembalikan rasa dan sensistifitas mereka terhadap alam dan lingkungan dan menjadi komitmen mendasar mereka akan tanggung jawab dalam pengambilan keputusan.

“Sembari menikmati pemandangan indah sungai Ayung dan kolam air panas alami, kami berdiskusi mengenai tujuan jangka panjang beliau dalam memajukan Green School," ujar Dubes Iwan.

Baca juga : Dubes Iran Mohammad Boroujerdi Doakan Pemilu Indonesia Lancar

Materi diskusi tersebut menurutnya, untuk melahirkan para calon pemimpin dunia yang memiliki pemikiran kreatif dalam memberikan pengaruh positif untuk komunitas global.

“Delegasi investor Bulgaria yang saya dampingi sangat tertarik dengan filosofi tersebut dan berencana untuk mengadopsinya dengan mendirikan sekolah serupa bernuansa bambu Indonesia di Bulgaria sebagai bentuk pengembangan misi pendidikan antar dua negar, “ ucap Dubes Iwan.

Ia menambahkan, misi diplomasi dapat dimulai dari pertukaran informasi dan berbagi pengalaman seperti ini.

"Semoga ke depannya hubungan bilateral Indonesia-Bulgaria semakin erat dan berdampak bagi kedua rakyatnya," pungkas Dubes Iwan

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.