Dark/Light Mode

Dubes Iran Mohammad Boroujerdi Doakan Pemilu Indonesia Lancar

Jumat, 9 Februari 2024 06:40 WIB
Dubes Mohammed Boroujerdi memberikan sambutan di acara perayaan 45 Tahun Kemenangan Revolusi Islam Iran, di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (6/2/2024). (Foto: Istimewa)
Dubes Mohammed Boroujerdi memberikan sambutan di acara perayaan 45 Tahun Kemenangan Revolusi Islam Iran, di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (6/2/2024). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Iran untuk Indonesia Mohammed Boroujerdi mendoakan kelancaran pesta demokrasi di Tanah Air yang akan berlangsung 14 Februari 2024.

Dubes Boroujerdi yakin, masyarakat Indonesia akan datang ke tempat tempat pemungutan suara untuk memilih yang terbaik di antara yang sudah baik untuk menjadi presiden.

“Siapapun yang nanti akan terpilih sebagai presiden, itu adalah pilihan rakyat Indonesia. Hubungan kedua negara akan tetap baik siapapun yang terpilih nanti,” kata Dubes Boroujerdi saat perayaan 45 Tahun Kemenangan Revolusi Islam Iran, di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (6/2/2024).

Baca juga : Bersama Gen Z Makassar, Menteri Budi Arie Dekalarasikan Pemilu Damai

Dubes Boroujerdi memaparkan, hubungan antara Iran dan Indonesia, sangat bersejarah dan telah berlangsung lebih dari 1.000 tahun silam.

Dalam upaya meningkatkan hubungan kedua negara, mulai 5 Februari 2024 Pemerintah Iran memberlakukan bebas visa bagi warga Indonesia yang akan berkunjung ke Iran. Dengan kebijakan baru ini, warga Indonesia tidak lagi memerlukan visa untuk berkunjung ke Iran.

“Hubungan Iran dengan Indonesia selalu berjalan dengan baik dalam semua sektor dan bidang. Melihat ke periode masa pemerintahan siapapun, hubungan kita selalu baik,” ujarnya.

Baca juga : Rusia Nggak Ikut Campur Pemilu Indonesia

Hubungan kedua negara, lanjut Boroujerdi, menjadi makin stabil, bersahabat dan solid, khususnya sejak Presiden Iran Sayyed Ebrahim Raisi berkunjung ke Indonesia pada 2023.

Menurutnya, bidang kerja dan interaksi kedua negara, menunjukkan tren yang lebih positif dan semakin meningkat.

Dia juga mengatakan, selama bertugas di Indonesia, dirinya siap membuka dan meningkat kan kerja sama di bidang energi, teknologi nano, penelitian alat kesehatan, kedokteran, bioteknologi, hingga petrokimia.

Baca juga : Optimalkan SDM-SDA, Ganjar Siap Jayakan Kaltim Untuk Indonesia

Mengingat pentingnya kedudukan dan peran ekonomi ASEAN di Asia Timur, lanjut Dubes Boroujerdi, Iran selalu berupaya memperkuat hubungannya de ngan lembaga regional ini.

“Kami telah mengirimkan permintaan tentang ke siapan meningkatkan status kerja sama dengan ASEAN men jadi mitra dialog ke Sekretariat ASEAN,” jelasnya.

Turut hadir dalam perayaan 45 Tahun Kemenangan Revolusi Islam Iran adalah Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo sebagai perwakilan Pemerintah Indonesia, para duta besar negara sahabat, akade misi, pebisnis dan diaspora Iran di Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.