Dark/Light Mode

Alhamdulillah, Indonesia Juara 3 MTQ Internasional Ke-40 Di Iran

Sabtu, 24 Februari 2024 17:48 WIB
Nuriah Jurian Arga, asal Kalimantan Selatan, meraih peringkat ketiga di ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an MTQ Internasional ke-40 Iran. (Foto: Humas Kemenag)
Nuriah Jurian Arga, asal Kalimantan Selatan, meraih peringkat ketiga di ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an MTQ Internasional ke-40 Iran. (Foto: Humas Kemenag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia kembali menorehkan prestasi di dunia Tilawah Qur’an Internasional. Nuriah Jurian Arga, asal Kalimantan Selatan, meraih peringkat ketiga di ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Internasional ke-40 yang digelar pada 15 - 21 Februari 2024, di Teheran, Iran.

Prestasi itu membuat bangga Kasubdit Lembaga Tilawah dan Musabaqah Al-Qur'an dan Al-Hadits, Rijal Ahmad Rangkuty. Apalagi, MTQ Internasional ke-40 di Teheran merupakan gelaran yang sangat bergengsi.

"Direktorat Penerangan Agama Islam menyambut dengan bahagia, bangga atas prestasi yang diraih anak kita, Nuriah pada MTQ Internasional ke-40 di Iran. Ini adalah kabar yang menggembirakan bagi kita, karena MTQ Internasional di Iran adalah gelaran yang sangat kompetitif dan sudah berjalan cukup lama,” ujar Rijal di Jakarta, Sabtu (24/2/2024).

Baca juga : Tunjukkan Kinerja Aksi Iklim Sistematis, Indonesia Raih Pengakuan Internasional

Untuk sampai ke negeri para mullah, Nuriah harus melalui sejumlah tahapan, mulai babak penyisihan secara daring pada September dan Desember 2023, hingga fase final yang digelar secara luring di Teheran.

Terkait hal ini, Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Nasional memiliki penilaian dengan melihat siapa kompetitor dan kecenderungan penilaian. Nuriah dinilai memiliki kriteria dan standardisasi tersebut. Apalagi, dia juga pernah menjuarai MTQ Nasional 2022.

"Nuriah ini memiliki dua hal. Dia tak hanya Juara MTQ Nasional di Kalsel, tetapi juga memiliki kriteria dengan standar yang tinggi,” tutur Rijal.

Baca juga : Keren, 5 Film Terbaik Indonesia Diputar di Clermont-Ferrand Film Festival Prancis

Dia berharap, prestasi Nuriah dapat memacu anak bangsa lainnya untuk meraih prestasi di bidang Tilawatil Qur’an. Sehingga bisa memunculkan para hafiz hafizah lainnya di kancah internasional.

“Kita ingin, anak-anak bangsa bisa termotivasi menggapai prestasi yang lebih dari saat ini. Kita berharap, akan hadir juara-juara baru yang berasal dari penyelenggaran MTQ di Indonesia,” ujar Rijal.

Dalam perhelatan MTQ Internasional ke-40 di Teheran Iran, Indonesia juga mengirimkan perwakilan untuk cabang tilawah putra, Khadar Raswadi Rasyid, utusan LPTQ DKI Jakarta. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.