Dark/Light Mode

Dapil Sulawesi Utara: Banteng Masih Kuat

Kamis, 25 Januari 2024 08:24 WIB
Adu kuat Caleg (Gambar: RM)
Adu kuat Caleg (Gambar: RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Daerah Pemilihan (Dapil) Sulawesi Utara termasuk salah satu kandang banteng. Di Pileg 2019, PDIP meraih tiga dari enam kursi DPR dari dapil ini. Di Pemilu 2024, PDIP berusaha mempertahankan dominasinya di sana.

Tiga kader PDIP yang melenggang ke DPR dari dapil ini pada Pemilu 2019 Adriana Charlotte Dondokambey, Djenri Alting Keintjem, dan Vanda Sarundajang. Tiga kursi sisanya diraih Adrian Jopie Paruntu dari Partai Golkar, Felly Estelita Runtuwene dan Kamran Muchtar Podomi dari Partai NasDem. 

Di Pileg 2024, PDIP ingin mempertahankan dominasinya di dapil ini. Meski hanya Vanda Sarundajang dari petahana yang maju kembali, namun mendorong sejumlah nama baru yang populer dan punya basis massa karena mantan kepala daerah. Seperti mantan Bupati Bolaang Mongondow Yasti Seopredjo Mokoagow, mantan Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap, dan mantan Wakil Wali Kota Tomohon Wenny Lumentut.

Lalu, ada kehadiran anak dari mantan Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, Rio Dondokambey, yang masuk dalam Caleg nomor urut satu. Selain itu, mantan Kepala Pengadilan Tinggi Manado, Lexsy Mamonto, melengkapi daftar Caleg PDIP dari dapil yang meliputi 15 kabupaten/kota itu. Keseluruhan penantang baru ini berpeluang melenggang ke Senayan.

Baca juga : Cinta Laura, Larang Mama Hamil Lagi

Sementara, NasDem kembali memasang target memperoleh dua kursi dari dapil ini. Caleg petahana dari NasDem Felly Runtuwene mengatakan, seluruh kader partainya yang maju punya kesamaan visi untuk saling mendukung agar target yang dicanangkan bisa terwujud.

"Kalau kita ingin mencapai target atau menang, maka kita sesama (Caleg) harus saling dukung. Dengan begitu, potensi yang ada kita bisa dorong untuk memperoleh suara maksimal," ucap Felly. 

Ketua Komisi IX DPR itu mengaku strategi saling tolong juga akan membuat para calon tidak akan merasa kehilangan, jika nantinya tidak terpilih. 

Sedangkan Golkar akan diperkuat Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga. Caleg Golkar nomor urut dua Dapil Sulut ini merupakan tokoh muda nasional yang telah mengecap jabatan mentereng. 

Baca juga : Dapil Sulawesi Barat: Pertarungan Unik, Ibu-Anak, Suami-Istri Saling Berhadapan

Ia sebelumnya pernah duduk di Komisi I DPR pada periode 2014-2019. Putra politisi senior Theo L Sambuaga itu saat ini juga duduk sebagai Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI), organisasi sayap Golkar. 

Selain Jerry, Beringin juga berupaya menggebrak dengan menempatkan mantan Dirjen Imigrasi Kemenkum HAM Ronny Franky Sompie. Caleg Golkar nomor urut tiga itu merupakan tokoh nasional asal Sulut yang terkenal tegas dan aktif berinovasi.

PSI tidak mau kalah dengan partai politik yang sudah punya perwakilan di Senayan. Partai yang dinahkodai Kaesang Pangarep itu mempercayakan Denny Tewu untuk merebut kursi legislatif.

Semenatra, Demokrat menggaet Hillary Brigitta Lasut untuk meraih kursi di dapil ini. Hillary merupakan mantan politisi NasDem dari dapil ini dan pernah terpilih menjadi anggota Dewan.

Baca juga : Dapil Kalimantan Utara: Kecil Kuotanya, Besar Gesekannya

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka, edisi Kamis (25/1), dengan judul “Dapil Sulawesi Utara: Banteng Masih Kuat”.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.