Dark/Light Mode

Celana Dalam, Trik Rahasia AS Temukan Bos ISIS Baghdadi

Selasa, 29 Oktober 2019 11:13 WIB
Warga Irak menyaksikan berita mengenai terbunuhnya Baghdadi pekan lalu. (Foto: Aljazeera)
Warga Irak menyaksikan berita mengenai terbunuhnya Baghdadi pekan lalu. (Foto: Aljazeera)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasukan Militer Demokratis Suriah (SDF) membocorkan caranya mendeteksi keberadaan pemimpin kelompok Negara Islam (ISIS), Abu Bakar al Baghdadi. Caranya ternyata tidak lazim.

Yakni melalui tes DNA terhadap sebuah celana dalam milik Baghdadi, yang berhasil didapatkan melalui seorang mata-mata. Hasilnya, ternyata cocok. Sosok terduga Baghdadi pun berhasil dipastikan.

Penasehat Senior Pasukan Intelijen SDF Polat Can mengatakan, pasukannya sudah membantu memastikan keberadaan Baghdadi, sebelum pasukan Amerika Serikat (AS) melakukan serangan dadakan apada Sabtu (26/10) pekan lalu.

Baca juga : Digelar di Dalam Mall, Teatrikal Grup Musikal Hi-5 Supers Tampilkan Inspirasi jadi Superhero

"Sumber kami, yang berhasil mengetahui keberadaan Baghdadi, membawa celana dalam Baghdadi untuk dites DNA. Ini kami lakukan, agar kami yakin bahwa orang yang kami intai itu memang Baghdadi," jelas Can, seperti dikutip Reuters, Selasa (29/10).

Can menjelaskan, pasukannya sudah bekerja sejak 15 Mei untuk melacak keberadaan sang pentolan ISIS.

Mereka pun berhasil menemukan keberadaan Baghdadi di Idlib, setelah dia pindah dari Deir al-Zor.

Baca juga : Kerusuhan Wamena, Polisi Tetapkan 5 Tersangka

Kala itu, Baghdadi sudah berencana pindah dari Idlib menuju Jarablus. Namun, pasukan AS sudah lebih dulu menyergap dan membunuh Baghdadi di Idlib.

Bantuan pasukan SDF ini disebutkan Presiden AS Donald Trump, Minggu (27/10), dalam pengumuman penting soal kematian Baghdadi.

"Semua informasi intel mengenai keberadaan Baghdadi adalah hasil kerja kami. Staf kami mencari dan mengirimkan posisi keberadaan Bagdadi, hingga koordinat keberadaannya, agar mudah melakukan serangan udara. Kami bekerja hingga menit-menit terakhir penyergapan," pungkas Can. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.