Dark/Light Mode

Jacob Rothschild Meninggal, Keluarga Ungkap Peran Sebagai Sponsor Zionis Israel

Selasa, 27 Februari 2024 22:42 WIB
Jacob Rothschild. Foto: Instagram/4th_baron_rothschild_
Jacob Rothschild. Foto: Instagram/4th_baron_rothschild_

RM.id  Rakyat Merdeka - Sosok yang dikenal sebagai sponsor atau pendukung kuat negara zionis Israel Jacob Rothschild, meninggal dunia, pada Senin (26/2).

Kabar tersebut diumumkan langsung oleh pihak keluarga. Disebutkan, Jacob tutup usia di umur 87 tahun. 

Selain itu, keluarga bankir Yahudi Inggris ini juga mengungkapkan bahwa Jacob adalah sosok yang sangat berpengaruh dalam kehidupan banyak orang.

Jacob disebut sebagai seorang pemodal yang berprestasi, pejuang seni dan budaya, pegawai yang setia dan tentunya merupakan sponsor negara zionis Israel.

Baca juga : 35 Petugas Ad Hoc Pemilu Meninggal, KPU Pastikan Beri Santunan

"Seorang pendukung amal yang penuh semangat di Israel dan budaya Yahudi, seorang teman, ayah, dan kakek yang sangat peduli lingkungan dan sangat disayangi," kata pihak keluarga seperti dikutip dari Anadolu, Selasa (27/2).

Profil Jacob Rothschild

Jacob Rothschild, atau lengkapnya Nathaniel Charles Jacob Rothschild, lahir pada 29 April 1936 di Berkshire, Inggris. Ia meninggal pada Senin (26/2) lalu, merupakan tokoh penting dalam keluarga perbankan Rothschild di Inggris.

Jacob Rothschild menikah dengan Serena Dunn pada tahun 1961, dan mereka memiliki empat anak: Hannah Mary Rothschild Brookfield, Beth Matilda Rothschild Tomassini, Emily Magda Rothschild Freeman-Attwood, serta Nathaniel Philip Victor James Rothschild.

Jacob memulai karirnya di bank keluarga NM Rothschild & Sons sebelum keluar pada tahun 1980 untuk ikut mendirikan sejumlah perusahaan, termasuk J Rothschild Assurance Group.

Baca juga : Yasmin Napper, Berperan Sebagai Korban Pelecehan

Selama kariernya, Lord Rothschild ini menjabat sebagai wakil ketua BSkyB antara tahun 2003 dan 2008. Ia juga menjadi ketua RIT Capital Partners, lembaga investasi terbesar yang tercatat di Bursa Efek London, dari tahun 1988 hingga 2019.

Sponsor Zionis Israel

Keluarga Rothschild memang dikenal sebagai sponsor utama Israel, dari sejak negara zionis itu didirikan. Dinasti bankir ini dikenal berjasa dalam mendirikan negara tersebut. 

Keluarga Rothschild diketahui banyak memainkan peran penting dalam mendanai infrastruktur pemerintahan zionis.

Edmond James de Rothschild, misalnya. Ia menjadi pelindung pemukiman permanen Yahudi pertama di Palestina pada tahun 1882. Dia juga menyediakan dana untuk pendirian Petah Tikva sebagai pemukiman permanen pada tahun 1883.

Baca juga : Ganjar - Mahfud Akan Bangun SMK Gratis Untuk Keluarga Miskin Secara Nasional

Lalu, Walter Rothschild, Baron Rothschild ke-2, pada tahun 1917 menjadi teman bicara Deklarasi Balfour untuk Federasi Zionis, mengikat Kerajaan Inggris untuk mendirikan rumah nasional bagi orang-orang Yahudi di Palestina.

Saking besarnya jasa keluarga Rothschild ini, Israel mengabadikan nama mereka di banyak tempat, jalan dan bangunan.

Tidak hanya menjadi sponsor Israel, keluarga Rothschild, termasuk Jacob dikenal aktif sebagai filantropi. Ia banyak mendanai lembaga dan berbagai program di dunia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.