Dark/Light Mode

Ganjar - Mahfud Akan Bangun SMK Gratis Untuk Keluarga Miskin Secara Nasional

Selasa, 2 Januari 2024 21:06 WIB
TPN Ganjar Pranowo-Mahfud MS menjelaskan program SMK gratis langsung kerja yang diusung jagoannya di Pilpres 2024. (Foto: Instagram@ganjarpranowo)
TPN Ganjar Pranowo-Mahfud MS menjelaskan program SMK gratis langsung kerja yang diusung jagoannya di Pilpres 2024. (Foto: Instagram@ganjarpranowo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Juru bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MS, Haris Pratama menjelaskan program SMK gratis langsung kerja yang diusung jagoannya di Pilpres 2024 nanti.

“Program SMK gratis langsung kerja untuk keluarga miskin ini mempunyai dua dampak langsung. Pertama, mengatasi masalah pengangguran di kalangan anak muda. Kedua, memutus rantai kemiskinan," kata Haris, Selasa (2/1/2024).

Baca juga : Ganjar-Mahfud Percepat Pengadaan Internet Gratis Dan Super Cepat

Haris menambahkan program ini akan diterapkan secara nasional.

"Program ini akan mereplikasi SMKN Jawa Tengah, sekolah kejuruan gratis dengan fasilitas asrama untuk anak-anak dari keluarga miskin, yatim, dan piatu," ucap dia.

Baca juga : Masyarakat Sambut Antusias Program 1 Keluarga Miskin 1 Sarjana Ganjar-Mahfud

Untuk diketahui, SMKN Jateng pernah dikunjungi Presiden Jokowi dan mendapat pujian. Bahkan, waktu itu Jokowi menyatakan akan memerintahkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mereplikasi SMKN Jateng ke seluruh Indonesia.

Adapun SMK gratis yang digagas Ganjar-Mahfud ini akan membekali anak-anak dari keluarga kurang mampu yang memiliki etos kerja tinggi dan keterampilan yang dibutuhkan dunia industri.

Baca juga : Program Satu Keluarga Miskin Satu Sarjana Ganjar - Mahfud Dijempolin Ekonom

Para lulusannya bisa langsung diterima kerja atau melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi. Bahkan, tak sedikit dari para alumni yang diterima bekerja di pabrik-pabrik di luar negeri, seperti di Jepang.

Ganjar-Mahfud yakin, program ini akan memutus mata rantai kemiskinan di seluruh Indonesia. Karena SMK gratis ini akan tersebar di setiap kabupaten/kota.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.