Dark/Light Mode

Gelar Sosialisasi, Melani Suharli Jelaskan Peran BP Batam Kerek Ekonomi Nasional

Kamis, 12 Oktober 2023 19:14 WIB
Anggota Komisi VI DPR Melani Leimena Suharli menggelar sosialisasi tentang peran Badan Pengusahaan BP Batam dalam menumbuhkan perekonomian nasional. (Foto: Ist)
Anggota Komisi VI DPR Melani Leimena Suharli menggelar sosialisasi tentang peran Badan Pengusahaan BP Batam dalam menumbuhkan perekonomian nasional. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi VI DPR Melani Leimena Suharli menggelar sosialisasi tentang peran Badan Pengusahaan (BP) Batam dalam menumbuhkan perekonomian nasional.

Sosialisasi itu digelar, agar masyarakat, khususnya konstituen Melani di Dapil Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan, yang menghadiri acara tersebut semakin tahu dan paham tentang BP Batam dalam membangun semangat dalam rangka peningkatan ekspor untuk peningkatan ekonomi nasional.

"BP Batam sebagai pengelola KPBPB Batam dan KEK yang ada di Batam, ingin menumbuhkan semangat untuk peningkatan ekspor dengan menginformasikan pendukung iklim investasi di Batam, karena memiliki industri yang berorientasi ekspor, dan telah terbukti mendorong pertumbuhan ekonomi Batam selalu positif," ujar Melani, di Florence Ball Room Lantai 3 Hotel Amos Cozy Melawai, Jakarta Selatan, Kamis (12/10/2023).

Dia kemudian menjelaskan, Otorita Batam dibentuk melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 74 Tahun 1971 tentang Pengembangan Pembangunan Pulau Batam Menjadi Daerah Industri.

Kemudian, berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2007 Otorita Batam berubah menjadi Badan Pengusahaan Batam (BP Batam).

Di bawah pengelolaan BP Batam, Batam menjadi kawasan Industri modern yang berorientasi ekspor.

Hal ini ditunjukkan oleh nilai ekspor yang menunjukkan tren yang positif. Tercatat, ekspor Batam dalam tiga tahun terakhir menunjukkan kenaikan yang signifikan.

"Ekspor Batam pada tahun 2020 mencapai 9,5 juta dolar AS, 2021 10,1 juta dolar AS, kemudian tahun 2022 naik 15,5 juta dolar AS," tutur putri Pahlawan Nasional dr Johanes Leimena ini.

Pertumbuhan ekonomi Batam juga menunjukkan tren positif setiap tahun. Bahkan pada tahun 2022 laju pertumbuhan ekonomi Batam melebihi pertumbuhan ekonomi nasional, dengan mencatatkan pertumbuhan 6.84 persen. Sedangkan nasional, 5,03 persen.

Baca juga : Gelar Town Hall Meeting, Michael Victor Sianipar Bicara Peran Pemuda

Kondisi ini juga tidak lepas dari keistimewaan Batam sebagai Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB). Batam juga memiliki Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

"Ini merupakan satu-satunya di Indonesia," ungkap Melani.

Selain itu, Batam juga didukung oleh infrastruktur dan kebijakan yang mendukung tumbuhnya iklim investasi.

"Pulau Batam menjadi wilayah strategis sebagai pintu perdagangan internasional bagi Indonesia," terang Melani.

Potensi ini, kata dia, terus dikembangkan Indonesia untuk memajukan ekonomi nasional.

"Selain itu Batam berada di antara negara Singapura dan Malaysia yang diapit Selat Malaka," ucap anggota DPR tiga periode ini.

Terkait semangat ekspor untuk peningkatan ekonomi nasional, Melani teringat dengan UMKM yang jumlahnya sangat besar.

Data menunjukkan bahwa jumlah UMKM Indonesia mencapai 64,2 juta unit atau 99,99 persen dari total dunia usaha yang ada.

"UMKM ini, menjadi kekuatan ekonomi Indonesia," tutur Melani.

Baca juga : Aplikasi i-Pubers, Pupuk Indonesia Siap Tingkatkan Pelayanan Petani Nasional

Indonesia juga memiliki tingkat partisipasi wirausaha pemula yang tinggi yang ditunjukkan dengan tingginya individu yang memulai usaha baru.

"Namun, tingkat partisipasi wirausaha pemula ternyata tidak berbanding lurus dengan keinginan atau aspirasi para wirausahawan untuk berkembang," sesal Melani.

Tingginya minat melakukan usaha belum dibarengi penyerapan tenaga kerja dari usaha baru dan keinginan pelaku usaha untuk memasuki pasar global dan melakukan ekspor cenderung rendah.

"Dengan data-data UMKM yang ada, bukan berarti membuat kita ciut, tetapi justru menjadi penyemangat, terutama bagi para pelaku UMKM," ujar Melani, menyemangati.

"Oleh karenanya mumpung ada acara dari BP Batam dengan tema 'Membangun Semangat Ekspor Untuk Peningkatan Ekonomi Nasional', kita bisa manfaatkan, agar UMKM terinspirasi untuk terus maju, berkembang dan mengejar ketertinggalan," imbuhnya.

Melani juga berharap, dilaksanakannya kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat dan pelaku usaha tentang pentingnya membangun usaha dan kesempatan ekspor.

"Semoga acara ini dapat memberikan solusi kepada masyarakat, utamanya setiap pelaku UMKM, agar tetap bersemangat menggapai sukses," harapnya.

Dia juga berharap BP Batam selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi para investor dan masyarakat luas.

Selain itu, terus melakukan inovasi tidak hanya di tataran pembangunan infrastruktur semata, melainkan perubahan soft infrastruktur.

Baca juga : Bentuk Karakter Anak dengan Internalisasi Nilai Toleransi dan Nasionalisme

"Perubahan yang paling dirasakan digitalisasi dan integrasi perizinan," ungkapnya.

Di akhir sambutannya, Melani mengajak masyarakat dan para pelaku UMKM turut mengambil semangat yang ditularkan BP Batam dan peluang investasi di Batam, melihat perkembangan pesat di kawasan Batam sangat menjanjikan untuk berinvestasi.

"Sehingga dengan banyaknya investor di Batam, roda perekonomian berjalan," ungkapnya.

Selain itu Batam telah berkembang sebagai industri perkapalan, perdagangan dan pariwisata, selain Bali dan Jakarta.

"Sehingga lebih mudah dalam transaksi ekonomi dengan ekspor," ucap Melani.

"Maju terus BP Batam, maju UMKM kita, semangat ekspor, sukses untuk kita semua," sambung Melani, mengakhiri sambutannya.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri Kepala Bagian Umum Kantor Perwakilan BP Batam di Jakarta, Utami Laksmi Dewi, sebagai narasumber, serta Anggota DPRD DKI Jakarta Ali Muhammad Johan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.