Dark/Light Mode

Meriah, Resepsi dan Pertunjukan Seni Budaya Indonesia di Naples

Minggu, 3 November 2019 14:55 WIB
Dubes RI untuk Italia Esti Andayani, menyampaikan pidato pada Resepsi dan Pertunjukan Seni Budaya Indonesia di Naples, Kamis (31/10). (Foto: KBRI Roma)
Dubes RI untuk Italia Esti Andayani, menyampaikan pidato pada Resepsi dan Pertunjukan Seni Budaya Indonesia di Naples, Kamis (31/10). (Foto: KBRI Roma)

RM.id  Rakyat Merdeka - Memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia dan 70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Italia, KBRI Roma didukung oleh Konsul Kehormatan RI di Naples (Napoli), Giuseppe Testa menyelenggarakan Resepsi dan Pertunjukan Seni Budaya Indonesia di Gedung Mostra d’Oltremare, Naples, pada Kamis (31/10).

Acara tersebut dihadiri oleh lebih dari 250 tamu dari kalangan pemerintahan daerah Region Campania, politisi, pengacara, akademisi, seniman, pengusaha dan sektor swasta di Naples dan sekitarnya.

Naples adalah salah satu kota penting di Italia, dan telah dipilih sebagai Zona Ekonomi Khusus untuk Italia bagian selatan, dengan Port of Naples sebagai hub yang mendukung konektivitas di Laut Tyrrhenian.

Saat kunjungan kenegaraan ke Italia tahun 1956, Presiden Soekarno juga berkesempatan mengunjungi kota ini.

Baca juga : Presiden FIFA Ingin Piala Dunia U-20 di Indonesia Jadi Yang Terbaik

Walikota Naples, Luigi di Magistris yang hadir sebagai tamu kehormatan, menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaran resepsi di Naples.

“Indonesia adalah negara yang penting secara budaya maupun ekonomi bagi Italia. Acara resepsi dan pertunjukan budaya di Naples memiliki arti bagi penguatan citra Naples sebagai kota internasional yang ramah, inklusif, pusat pertukaran dan kohabitasi antara masyarakat dan budaya," ujar Luigi.

“Sejarah dan warisan budaya Naples menjadikannya kota yang terbuka akan keberagaman. Masyarakat Naples terkenal dengan keramahan yang hangat dan menawarkan pesonanya ke dunia internasional. Ada banyak peluang kerja sama, yang dapat dikembangkan antara Naples dengan kota-kota besar di Indonesia. KBRI Roma siap mendukung peningkatan kerja sama dimaksud," sambut Duta Besar RI Esti Andayani.

Resepsi menampilkan pertunjukan budaya tarian tradisional Indonesia. Yaitu tari Naikonos Larik dari Nusa Tenggara Timur, tari Baris Tunggal dari Bali yang ditarikan Bagus Mahardika - dosen tamu di Universitas Degli Studi di Naples L’Orientale -, kolaborasi musik tradisional sasando, gendang melayu dan biola, dan tari Mitreka Bawana dari Sulawesi Tenggara.

Baca juga : Mahaka Radio Digital Luncurkan Versi Terbaru dari NOICE

 

Tari Naikonos Larik dari NTT (Foto: KBRI Roma)

Para penari dan musisi tersebut bergabung dalam grup seni Artina dari Jakarta, pimpinan Haryati Abelam dengan Nungki Kusumastuti selaku direktur artistik.

Selain sajian masakan Italia, tamu undangan yang hadir juga menikmati cita rasa Indonesia melalui sajian nasi rendang, mie goreng dan kue-kue jajanan pasar Indonesia.

Resepsi juga menghadirkan produk kopi single origin Indonesia, “Supresso” yang diproduksi oleh Indraco Group.

Baca juga : Ini Harapan Ketua KPK Buat Kabinet Indonesia Maju

Para tamu juga tertarik dengan kostum para penari maupun staf KBRI Roma yang menggunakan pakaian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka pun bergantian berfoto dengan para penari dan staf KBRI Roma.

"Kostum yang kalian pakai sangat indah dan beragam. Ini mengagumkan”, ujar Antonia, salah seorang tamu.

Sebelumnya di awal hari, KBRI Roma bekerja sama dengan Universitas Degli Studi di Naples L'Orientale menghadirkan lokakarya "Diversity in Unity" tentang sejarah, seni dan budaya Indonesia termasuk musik dan tarian Indonesia yang diikuti oleh 60 mahasiswa jurusan studi Indonesia maupun jurusan lainnya dari Universitas Naples L’Orientale, bertempat di Domus Ars Art Center, Naples.

Kegiatan di Naples menjadi penutup dari rangkaian acara Pekan Indonesia di Italia (la settimana indonesiana) yang berlangsung sejak tanggal 23 Oktober 2019 dengan acara promosi kuliner, film Indonesia, pertunjukan budaya, hingga workshop tarian dan musik Indonesia di Kota Roma, Grosseto dan Naples. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.