Dark/Light Mode

Jepang Kembali Sumbang Dana Rp 557 Miliar Untuk Rakyat Palestina

Rabu, 3 April 2024 15:46 WIB
Ilustrasi bantuan Jepang ke Palestina. Foto: X/PressSec_MofaJP
Ilustrasi bantuan Jepang ke Palestina. Foto: X/PressSec_MofaJP

RM.id  Rakyat Merdeka - Jepang telah memutuskan untuk menyumbangkan sekitar 35 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 557,2 Miliar untuk Palestina.

Bantuan ini diberikan Negeri Sakura kepada Badan PBB yang mengurusi pengungsi Palestina (UNRWA) sebagai bagian dari upaya memperbaiki situasi kemanusiaan di Jalur Gaza.  

"Jepang melanjutkan upaya diplomatiknya menuju gencatan senjata.  Jepang secara konsisten mendukung #a_two_state_solution," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Jepang, Kobayashi Maki di X (dulu Twitter), Rabu (3/4/2024).

Baca juga : Jokowi Lepas Bantuan Kemanusiaan Rp 30 Miliar Untuk Palestina Dan Sudan

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Kamikawa Yoko pada Selasa (2/4/2024) mengatakan, kepada wartawan bahwa Jepang akan mencabut penangguhan yang diberlakukan atas penyediaan dana, dan mulai memberikan dukungan kembali, seiring perbaikan tata kelola UNRWA.

Dilansir NHK, ia mengatakan situasi kemanusiaan di Palestina sangat kritis dan keterlibatan badan tersebut dalam distribusi bantuan kemanusiaan sangatlah penting.

Jepang adalah donor terbesar keenam bagi UNRWA. 

Baca juga : Ramadan, Sido Muncul Kembali Berbagi Santunan Untuk 1.000 Anak Yatim di Jakarta

Jepang sempat menghentikan pendanaan pada Januari setelah muncul tuduhan bahwa sejumlah anggota staf UNRWA terlibat dalam serangan Hamas terhadap Israel pada bulan Oktober.

Kamikawa bertemu dengan Komisaris Jenderal UNRWA Philippe Lazzarini di Tokyo pekan lalu. 

Keduanya memastikan bahwa Jepang akan menerima laporan rutin mengenai penggunaan dana tersebut berdasarkan kerangka kerja baru.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.