Dark/Light Mode

Bukber Kolosal Di Kazan Rusia, Dihadiri 12 Ribu Orang, Habiskan 3 Ton Daging

Jumat, 5 April 2024 08:19 WIB
Petugas menyiapkan menu berbuka bersama untuk 12.000 peserta di Kazan Expo, Kazan, Rusia. (Foto: Ist)
Petugas menyiapkan menu berbuka bersama untuk 12.000 peserta di Kazan Expo, Kazan, Rusia. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Salah satu kota terbesar di Rusia, Kazan menggelar acara buka puasa terbesar pada Jumat, 29 Maret 2024. Acara itu dihadiri lebih dari 12 ribu muslim yang berasal dari berbagai negara seperti Palestina, Arab Saudi, Turki, Qatar, Kuwait, Bahrain, dan Uni Emirat Arab. Untuk menggelar bukber ini panitia menyiapkan sebanyak 3 ton daging dan sedikitnya 1,5 ton beras. 

Acara buka puasa kolosal ini digelar diKazan Expo, salah satu pusat pameran terbesar di Rusia. Di gedung ini, tak hanya digelar acara buka bersama. Namun juga digelar pameran produk halal, serta instalasi 3D yang didedikasikan untuk bulan Ramadan. 

Acara buka puasa kolosal ini dihadiri para duta besar dan konsul dari sejumlah negara Islam dan perwakilan organisasi internasional. 

Sekadar tahu saja, Kazan adalah ibukota Tatarstan. Letaknya di sebelah timur Ibukota Moskow. Kota yang mayoritas berpenduduk muslim ini dikenal sebagai tempat berkembangnya Islam di Rusia dan sering menjadi tuan rumah acara-acara besar internasional.

Sebelum berbuka, para peserta diajak mendengarkan ceramah tentang nilai-nilai keluarga untuk menghormati Tahun Keluarga di Rusia. Lalu berdoa bersama untuk keselamatan rakyat Palestina. 

Baca juga : Bantu Kelancaran Mudik Lebaran, PUPR Siapkan Enam Ruas Tol Baru

Setelah itu, peserta disajikan aneka makanan dan minuman khas Kazan. Menu utamanya adalah pilaf, hidangan dari beras yang ditumis dengan minyak samin dicampur rempah-rempah lalu ditanak dengan air kaldu. Selain itu disajikan juga buah-buah yang dikeringkan seperti kurma dan kismis. 

Untuk menjamu para jemaah ini, panitia membutuhkan setidaknya 3 ton daging, 1,5 ton beras, lebih dari 1 ton buah-buahan yang dikeringkan, 2 ton sayuran, dan sekitar 2 ribu liter jus. Selain itu panitia juga menyiapkan 12 ribu botol air dan lemonade untuk semua peserta berbuka puasa.

Kamil Samigullin, Mufti, Ketua Administrasi Spiritual Muslim Republik Tatarstan, mengaku bersyukur acara bukber dengan 12 ribu peserta itu berjalan dengan baik dan lancar. 

"Iftar Republik telah menjadi acara kelas dunia, dengan tamu-tamu dari negara lain dan para konsul yang datang. Kami akan memikirkan bagaimana cara untuk memperluas geografisnya tahun depan. Di sini orang-orang saling bertemu, saling berpelukan, iftar menyatukan umat," kata Samigullin, dalam siaran pers Kedutaan Besar Rusia untuk Indonesia, Jumat (5/4/2024).

Acara bukber kolosal ini rupanya sudah tiap tahun digelar di Kazan. Tahun ini, untuk pertama kalinya, acara bukber diselenggarakan Kelompok Visi Strategis Rusia-Dunia Islam, dan telah memperoleh status sebagai lembaga internasional.

Baca juga : Dugaan Korupsi Kelengkapan Rumah Dinas, KPK Periksa Sekjen DPR Indra Iskandar

Para peserta tentu tampak gembira mengikuti acara ini. Selain menyantap hidangan spesial, peserta juga mendapat hadiah sebuah mushaf - edisi terbaru dari Al-Quran "Kazan Basmasy".

"Edisi dengan nama yang sama pertama kali diterbitkan pada tahun 1803 di Percetakan Asia di Kazan dan tercatat dalam sejarah sebagai Al-Quran cetak pertama yang mendapat pengakuan teologis di dunia Muslim," kata Samigullin. 

Sebelumnya, mushaf yang telah diperbarui diserahkan kepada Konsulat Jenderal Republik Kazakhstan dan Republik Uzbekistan di Kazan.

Para peserta menilai, acara bukber ini menjadi tahap penting dalam persiapan salah satu acara utama tahun ini di Rusia. 

Pada Mei nanti, Kazan akan menjadi tuan rumah Forum Ekonomi Internasional XV "Rusia-Dunia Islam: KazanForum". 

Baca juga : Rumah Warga Di Sukabumi Rusak Diterjang Gelombang Tinggi

Acara terbesar di Federasi Rusia ini akan dihadiri oleh delegasi negara-negara Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). Forum ini akan dihadiri oleh perwakilan ulama Islam. Banyak perhatian akan diberikan pada pengembangan industri halal dan dunia Islam.

Kesuksesan bukber kolosal ini makin memperkuat posisi Kazan sebagai salah satu pusat terpenting bagi perkembangan Islam dan hubungan Rusia dengan dunia Islam. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.