Dark/Light Mode

Rumah Warga Di Sukabumi Rusak Diterjang Gelombang Tinggi

Selasa, 12 Maret 2024 15:24 WIB
Warga bertahan di tengah gelombang tinggi di pesisir  Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.
Warga bertahan di tengah gelombang tinggi di pesisir Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah rumah dan warung di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat rusak diterjang gelombang tinggi. Bahkan beberapa bangunan rumah terseret ombak.

" Alhamdulillah tidak ada korban jiwa maupun luka pada kejadian ini. Hanya saja sejumlah rumah dan warung di pesisir rusak. Bahkan beberapa bangunan di antaranya terseret ombak," kata Kasat Polairud AKP Tenda Sukendar di Sukabumi, Selasa (12/3)

Baca juga : Bus Rombongan Warga Ciputat Timur Terguling di Cipali, 1 Orang Meninggal

Selain merusak rumah, kata Tenda, gelombang tinggi juga memicu terjadinya bencana banjir rob di Pantai Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap serta di Kampung Katapangcondong, Patuguran, dan Citepus, Kecamatan Palabuhanratu.

"Hingga saat ini kami masih melakukan pendataan terhadap jumlah bangunan yang rusak terdampak gelombang tinggi dan banjir rob," katanya dikutip Antara.

Baca juga : Pasokan Cabai Dijamin Aman Jelang Ramadan

Menurut dia, asesmen dilakukan dari Pantai Ujunggenteng, Palabuhanratu hingga Cibangban yang berbatasan dengan Provinsi Banten.

"Kami masih menginventarisasi dampak kerusakan akibat gelombang tinggi dan banjir rob. Kami bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi," ujarnya.

Baca juga : Perluas Jaringan Di Kalteng, Fuso Buka Dealer 3S Di Pangkalan Bun

Menurut Tenda, bencana ini juga merusak perahu nelayan yang sedang ditambatkan di pantai.

Ia mengimbau warga yang tinggal di wilayah pesisir untuk selalu waspada, karena tidak menutup kemungkinan gelombang tinggi dan banjir rob kembali terjadi

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.