Dark/Light Mode

Bicara Peran Pemuda Di Sektor Energi

Zagy, Anak Muda Asal Karawang Curi Perhatian Di Majelis Umum PBB

Sabtu, 20 April 2024 19:01 WIB
Pendiri SRE Zagy Yakana Berian menyampaikan pidato di Pekan Keberlanjutan MU PBB, New York, AS, Jumat (19/4/2024). (Foto: Ist)
Pendiri SRE Zagy Yakana Berian menyampaikan pidato di Pekan Keberlanjutan MU PBB, New York, AS, Jumat (19/4/2024). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pendiri Society of Renewable Energi (SRE) Zagy Yakana Berian mencuri perhatian sebagai pembicara termuda dalam acara Pekan Keberlanjutan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang berlangsung di markas pusat PBB, New York, Amerika Serikat dari 15-19 April 2024.

Zagy, pemuda inspiratif dari Karawang, Indonesia, berusia 26 tahun, berbagi panggung dengan pemimpin dunia dan tokoh penting lainnya untuk membahas isu-isu penting terkait keberlanjutan, khususnya di sektor energi.

Dalam pidatonya yang disiarkan melalui UN Web TV, Zagy menekankan peran kritis generasi muda dalam mendorong pembangunan berkelanjutan. Dia mengungkapkan bagaimana generasi muda, dengan pendekatan unik, konkret, dan tulus, dapat menjadi pilar utama dalam perjuangan menuju Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dan target Net Zero. 

Baca juga : Gelar Konser Musik, Kominfo Ajak Masyarakat Dukung Perhelatan World Water Forum ke-10

Zagy menyoroti inisiatif yang telah diterapkan di Indonesia, termasuk pembangunan pembangkit listrik skala kecil dan program Generation of Renewable Energy Involving Youth Action Academy (GERILYA) yang berfokus pada partisipasi aktif pemuda dalam energi terbarukan. Dengan pendekatan berbasis tiga keunikan tersebut, Zagy mengungkapan contoh nyata yang telah diterapkan di Indonesia. Diantaranya adalah pembangunan pembangkit listrik skala kecil yang direplikasi dibanyak tempat, peningkatan edukasi kepada publik mengenai transisi energi, pendekatan berbasis solusi permasalahan kepada masyarakat, serta program yang dimiliki oleh Kementerian Energy dan Sumber Daya Mineral (KESDM) yaitu Generation of Renewable Energy Involving Youth Action Academy (GERILYA). Dalam hal ini, dua orang perwakilan Kementerian ESDM ikut hadir dan menyampaikan pesan dalam sesi intervensi sektor energi.

 

"Sudah lima tahun kami berdiri bersama masyarakat untuk memahami komitmen investasi mereka. Saya mengakui adanya tantangan ke depan, namun saya yakin bahwa generasi Anda dan kami dapat bersama-sama menciptakan perubahan dan ketahanan," ujarnya.

Baca juga : Jelang Laga Melawan Vietnam, Pengamat Minta GBK Perhatikan Kualitas Rumput

Zagy mengungkapkan, investasi kepada generasi muda menjadi kunci dalam mencapai target Tujuan Pembangunan Keberlanjutan atau SDGs serta Net Zero Target di pertengahan abad ini.

“Terdapat dua mimpi besar generasi muda saat ini, yaitu, pendanaan terkait akses energi ke seluruh wilayah agar dapat meningkatkan ekonomi daerah. Serta, pendanaan peningkatan kapasitas di sektor greenjobs dan mendorong ekosistem bisnis generasi muda," paparnya. 

Presiden Majlis PBB ke-78, Yang Mulia Dennis Francis, menyatakan bahwa generasi muda adalah aset penting untuk pembangunan global, suatu tema yang Zagy Yakana Berian nyatakan dengan jelas dalam pidatonya. 

Baca juga : Akhmad Gojali Harahap: Pengunduran Diri Mahfud Terlambat

Dalam acara ini, Dennis Francis mengundang tokoh-tokoh pemimpin dunia untuk menyampaikan berbagai isu yang ada. Hadir misalnya Perdana Menteri Barbados, Perdana Menteri Uganda, dan Presiden Republik Polandia. Indonesia dalam perhelatan pekan keberlanjutan ini dihadiri oleh Menteri Pariwisata yang berbicara pada isu pariwisata keberlanjutan. 

Sementara itu, Zagy Yakana Berian bicara peran pemuda di sektor energi. Selebihnya pidato pada sektor lain diwakili oleh Wakil Tetap Republik Indonesia untuk PBB, Arrmanatha Christiawan Nasir.

Di akhir pekan tersebut, lebih dari 150.000 deklarasi aksi keberlanjutan telah dicatat, menunjukkan dukungan kuat untuk agenda keberlanjutan yang diusung oleh PBB dan peran penting yang diambil oleh pemuda seperti Zagy dalam mencapai target-target global ini.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.