Dark/Light Mode

Ramuan Ganjar Maksimalkan Tekad Anak Muda Majukan Pertanian, Modernisasi!

Minggu, 14 Januari 2024 12:53 WIB
Calon Presiden (Capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo. Foto: Istimewa
Calon Presiden (Capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon Presiden (Capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengaku punya ramuan khusus untuk melakukan regenerasi petani. Kata Ganjar, menarik minat anak muda menjadi petani bisa dilakukan dengan menerapkan modernisasi pertanian.

"Selain itu juga harus ada penggelontoran insentif," kata Ganjar, Minggu (14/1/204).

Ganjar mengaku pernah bertanya ke sejumlah anak muda soal keinginan menjadi petani.Jawaban mereka, aku Ganjar, beragam.

Baca juga : Ganjar Siap Berantas Tikus Berdasi Yang Sengsarakan Petani Tebu

"Satu, ideologis. 'Kami akan melakukan karena kami akan tahan dan daulat.' Namun yang lain, 'Pak, nggak menjanjikan, lebih baik jadi pegawai di Kadin', gitu. Nggak mau dia," ujar Ganjar menirukan ucapan anak muda yang diajaknya dialog tentang ketertarikan sebagai petani.

Untuk itu menurut Ganjar, anak-anak muda harus diberikan insentif berupa pelatihan dan teknologi yang memudahkan mereka.

"Maka insentif mesti diberikan. Dengan cara itu anak muda, saya tanya 'Kenapa Anda nggak mau ke sawah? Kenapa nggak mau peternak?', 'Bau kotor' tapi ketika saya menemukan anak-anak muda yang ideologi, 'Pak kasih kami pelatihan dan teknologi, Pak, mudahkan," sambung dia.

Baca juga : Curhat Ke Ganjar, Petani Tembakau Jombang Keluhkan Persoalan Cukai Dan Impor

Sebagai informasi, dalam 10 tahun terakhir, jumlah penduduk Indonesia bertambah 25,5 juta jiwa. Sedangkan jumlah petani berkurang 1,7 juta jiwa.

Jumlah petani akan terus berkurang karena 32 persen petani berusia di atas 60 tahun. Sedangkan anak-anak muda kurang berminat menjadi petani baru.

Ekosistem pertanian juga belum baik. Sebanyak 59 persen petani menggarap lahan di bawah 0,5 hektare.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.