Dark/Light Mode

Kualifikasi Piala Dunia 2026

Jelang Laga Melawan Vietnam, Pengamat Minta GBK Perhatikan Kualitas Rumput

Selasa, 5 Maret 2024 21:55 WIB
Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan Jakarta (Foto: Setkab)
Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan Jakarta (Foto: Setkab)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Indonesia akan melanjutkan perjuangannya di kualifikasi Piala Dunia 2026, dalam pertandingan melawan Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan Jakarta, Kamis (21/3/2024). 

SUGBK merupakan stadion terbesar dan kebanggaan bangsa Indonesia. Jangan sampai, saat menjamu Vietnam nanti, kualitas rumput stadion berada dalam kondisi tidak baik. Seperti yang terjadi dalam laga uji coba Timnas Indonesia U-20 melawan Thailand, beberapa waktu lalu.

Itu sebabnya, pengamat sepak bola Mohamad Kusnaeni mengingatkan pentingnya kualitas rumput yang bagus, dalam sebuah pertandingan sepak bola. Apalagi, level internasional yang bertajuk kualifikasi Piala Dunia.

Baca juga : Jay Idzes Bakal Gabung, 27 Pemain Siap Merapat Lawan Vietnam

"Kualitas rumput sebagai field of play sangat penting dalam pertandingan sepak bola. Apalagi faktanya, pertandingan internasional dalam agenda FIFA Matchday memang menuntut standar tinggi soal kualitas lapangan," ujar Kusnaeni, yang akrab disapa Bung Kus, Selasa (5/3/2024).

Karena itu, Bung Kus berharap, pengelola GBK memberi perhatian serius terhadap kesiapan rumput lapangan.

Apalagi, pertandingan melawan Vietnam nanti sangat penting untuk menjaga asa timnas Indonesia, di ajang kualifikasi Piala Dunia.

Baca juga : Kemendagri Terjun Langsung Ke Papua Tengah Minta Percepatan Realisasi APBD

"Penggunaan stadion untuk kegiatan politik, budaya, atau keagamaan sah-sah saja. Yang penting, pengelola GBK bisa menghitung dengan cermat jarak antara kegiatan tersebut dengan masa pemulihan dan perawatan menuju pertandingan selanjutnya," papar Bung Kus.

"Jika melihat kondisi terakhir saat ini, memang agak mengkhawatirkan. Tapi, pengelola GBK sebetulnya masih punya waktu untuk mengoptimalkan pemulihan kondisi rumput, agar layak pakai. Apalagi, saat ini masih periode musim hujan yang relatif lebih kondusif untuk perawatan rumput," jelas Bung Kus.

Selain rumput, Bung Kus juga mengingatkan fasilitas SUGBK lainnya. Seperti bangku penonton, fasilitas sanitasi, hingga pagar pemisah antar tribun.

Baca juga : Hajar Iran, Selangkah Lagi Timnas Qatar Pertahankan Gelar

"Ingat, pertandingan nanti pasti akan mengundang puluhan ribu suporter fanatik timnas. Kesiapan fasilitas pendukung kenyamanan dan keamanan pertandingan jangan dianggap enteng. Sama seriusnya dengan kita menyiapkan lapangan rumput," tegas Bung Kus.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.