Dark/Light Mode

Peringati Perang Patriotik Raya

Diplomat Rusia Tanam Pohon Kemenangan…

Sabtu, 11 Mei 2024 06:20 WIB
Kuasa Usaha Ad Interim Kedubes Rusia di Indonesia Veronika Novoseltseva, bersama puluhan diplomat menanam pohon untuk mengenang para pahlawan di hari peringatan ‘Perang Patriotik Raya’, di Kediaman Duta Besar Rusia, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Kamis (9/5/2024). Foto: LARASATI DYAH UTAMI/RAKYAT MERDEKA/RM.ID
Kuasa Usaha Ad Interim Kedubes Rusia di Indonesia Veronika Novoseltseva, bersama puluhan diplomat menanam pohon untuk mengenang para pahlawan di hari peringatan ‘Perang Patriotik Raya’, di Kediaman Duta Besar Rusia, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Kamis (9/5/2024). Foto: LARASATI DYAH UTAMI/RAKYAT MERDEKA/RM.ID

RM.id  Rakyat Merdeka - Puluhan diplomat Rusia berkumpul di Kediaman Duta Besar (Dubes) Rusia di Jakarta, Kamis (9/5/2024). Mereka menanam pohon yang dinamakan Pohon Kemenangan, untuk mengenang para pahlawan Rusia pada Hari Besar Peringatan Perang Patriotik Raya.

Perang Patriotik Raya di­peringati setiap tanggal 9 Mei. Perang ini merujuk kepada serangkaian peperangan antara Jerman Nazi dan Republik Sosi­alis Uni Soviet di Front Timur di Eropa selama Perang Dunia II.

Suasana khidmat menyelimuti seremonial penanaman pohon yang dipimpin Kuasa Usaha Ad Interim Kedutaan Besar Rusia di Indonesia Veronika Novoseltseva.

Baca juga : Catat! BPK Janji Sidang Etik Oknum Auditor Nakal

Diplomat perempuan itu tidak menyebutkan secara spesifik jenis pohon yang ditanam di pe­karangan kediaman Dubes Rusia tersebut. Namun dia menegas­kan, pihaknya memilih pohon yang besar sebagai simbolis menyatukan semua masyarakat Rusia dan negara-negara Perse­makmuran Soviet (CIS). Di antaranya Armenia, Azerbaijan, Belarus, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Moldova, Rusia, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan.

“Pohon ini akan tumbuh men­jadi lebih kuat dan lebih besar. Rakyat Rusia akan tetap kuat dan menjadi lebih besar supaya generasi-generasi selanjutnya tetap ingat sejarah kami,” tegasnya.

Usai dilakukan penanaman secara simbolis, sebuah papan ditancapkan di atas pohon. Papan tersebut bertuliskan pesan, bahwa ‘Pohon Kemenangan ini ditanam oleh para diplomat Rusia di Jakar­ta untuk mengenang mereka yang telah membela tanah air kami dalam Perang Patriotik Raya.’

Baca juga : Balikan Dengan Al, Dihujat Red Flag

Novoseltseva mengatakan, tidak ada seorang pun di Rusia yang tidak kehilangan sanak saudara dan kerabat karena perang tersebut. Sebab itu, tanggal 9 Mei menjadi hari yang sakral bagi masyarakat Rusia dan masyarakat di negara persemakmu­ran Uni Soviet.

Perang Patriotik Raya ber­langsung selama 4 tahun, mulai tahun 1939. Harga yang dibayar Republik Uni Soviet saat itu sangat tinggi, melebihi 27 juta korban jiwa.

Di ruang Kediaman Duta Be­sar, lukisan-lukisan monokrom dipajang di setiap sudut ruangan acara, seolah-olah menceritakan pahit dan getirnya kondisi Uni Soviet di masa perang itu. Ti­dak hanya tentara yang gugur, perang tersebut juga memakan korban jiwa dari kalangan sipil, termasuk wanita dan anak-anak.

Baca juga : Banteng Medan Minta Maaf

Para tamu yang hadir, baik dari kalangan diplomat maupun warga negara-negara CIS yang tinggal di Jakarta, datang membawa foto-foto keluarga mereka yang gugur dalam Perang Patriotik Raya.

“Kami perlu melestarikan kenangan, melestarikan sejarah para pemenang dan para korban konflik ini agar tidak terjadi lagi di kemudian hari. Kami perlu mengingat itu semua,” kata Duta Besar Belarus untuk Indonesia, Raman Ramanouski. LDU

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 10, edisi Sabtu, 11 Mei 2024 dengan judul "Peringati Perang Patriotik Raya, Diplomat Rusia Tanam Pohon Kemenangan"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.